BNPB pusat gelontorkan dana tanggap darurat bencana sebesar Rp250 juta

PAPUAunik– Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat yang diwakili oleh Kepala Pusat Pengendalian Operasi, Bambang Surya Putra tiba dini hari di Jayapura.

Bambang menyampaikan duka yang mendalam atas bencana banjir dan longsor yang terjadi di kota Jayapura sejak 6-7 Januari.

“Terkait dengan itu kami dari BNPB pusat bersamaan dengan BNPB Provinsi, sekuat tenaga akan mendampingi dampak bencana dan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat yang terdampak, ” katanya di Kota Jayapura, Sabtu (08/01).

Prioritas berikutnya adalah bagaimana warga dampak segera kembali berkativitas normal. Selanjutnya mengantisipasi kemungkinan curah hujan yang masih panjang.

BNPB memberikan dana stimulus untuk cepat operasi penanggulangan bencana sebesar Rp 250 juta serta dukungan logistik dan perlatan-peralatan yang akan dibutuhkan oleh dampak bencana yang sudah terindentifikasi, seperti kebutuhan tenda, dapur keluarga, dan alas tidur.

“Berdasarkan arahan dari Walikota Jayapura, kita akan menyiapkan posko bantuan dan media center di gedung olahraga (GOR) Waringin Kotaraja untuk posko induk, dan tiga posko lainnya sebagai posko pendukung.

Bambang menambahkan terkait aturan kementrian kesehatan untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes). Di setiap titik posko bantuan, akan disiapkan masker dan hand sanitizer.(Putri/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 3 = 2