Jalan Raya Sentani Sering Tertimbun Material, Masyarakat Diharapkan Ada Tingkat Kesadaran

PAPUAunik – Jalan Raya Sentani yang menghubungkan Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura hampir lumpuh total pada Jumat (07/01). Demikian hal itu terjadi akibat hujan deras pada Kamis (06/01) malam yang menyebabkan material tanah dan batu tergerus air pindah ke badan jalan.

Menurut pantauan media ini, kemacetan itu tidak berlangsung lama karena masyarakat sekitar bergotong royong membantu kendaraan menyebrangi jalan yang tertimbun tersebut.

Tak lama kemudian Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XVIII Jayapura, Edu Sasarari, ST, MM., tibah di lokasi untuk mengatasi kondisi jalan tersebut.

Saat dikonfirmasi wartawan terkait kondisi tersebut, Edu Sasarari mengatakan, ini jalan Nasional yang mana menjadi tanggung jawab pihaknya. Namun perlu ada kerjasama yang baik antara masyarakat maupun pemerintah setempat untuk bersama-sama menyelesaikan persoalan-persoalan ini.

“Khususnya di wilayah Sentani ini ada sekitar empat titik yang sering tertimbun material tanah. Sehingga perlu ada kerja sama antara kami dan masyarakat disini maupun pemerintah Kabupaten Jayapura, agar persoalan ini bisa dituntaskan secara baik, supaya hal ini tidak terjadi lagi dikemudian hari,” ucap Edu Sasarari saat dikonfirmasi wartawan di lokasi kejadian, Jum’at (7/1/2022) pagi.

Katanya, beberapa titik ruas jalan raya Sentani yang terjadi musibah ini, itu kan tepatnya di sekitar lokasi pengangkutan material. Sehingga dirinya berharap, hal ini perlu ada tingkat kesadaran dari masyarakat setempat.

“Ini kan jalan umum yang dekat dengan Bandara Sentani, sehingga perlu ada tingkat kesadaran dari masyarakat setempat, yang mana kalau mau ambil material itu bisa dilihat kondisinya, karena dari tahun ke tahun terus begini. Oleh karena itu sekali lagi kami harap ada tingkat kesadaran dari masyarakat disini agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak kita inginkan bersama, salah satunya kemacetan yang saat ini terjadi,” harapnya.

Lanjutnya, ruas jalan itu merupakan jalan nasional yang menjadi tanggung jawab penuh Balai Jalan, sehingga dalam waktu dekat pihaknya akan berupaya menyelesaikan persoalan-persoalan tersebut.(Tinus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 3