Pejabat Kodam Cenderawasih klaim situasi Yahukimo kondusif

PAPUAunik – Pejabat Kodam XVII/Cenderawasih mengklaim secara umum situasi di Kabupaten Yahukimo dalam keadaan kondusif usai terjadinya penyerangan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) atau kelompok separatis teroris (KST) terhadap personel aparat keamanan Satuan BKO Aparat Teritorial (Apter) Koramil persiapan Suru-Suru di Distrik Suru-Suru pada November dan Desember 2021 silam yang terakhir mengakibatkan korban prajurit TNI satu orang gugur dan satu orang lagi terluka.

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga, S.H., M.H dalam keterangan tertulisnya di Kota Jayapura, Rabu (05/01/2022).

Kapendam XVII/Cenderawasih mengatakan bahwa, sampai saat ini situasi sudah kondusif, masyarakat juga sudah beraktivitas seperti biasa.

“Informasi yang kami peroleh dari aparat kewilayahan di wilayah Yahukimo bahwa beberapa masyarakat di Suru Suru yang mengungsi ke sekitar kampung yang berdekatan dengan Suru Suru telah bertahap kembali ke kampung halamannya,” kata Kapendam.

“Mengenai adanya pemberitaan adanya warga yang meninggal. Dari Satuan Kewilayahan di Yahukimo telah berkoordinasi dengan Bupati dan Kapolres untuk mengecek kebenaran berita ini. Dan hasilnya sampai saat ini tidak ada korban dari warga yang meninggal di Suru Suru Yahukimo” tambah Kapendam XVII/Cenderawasih.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Dandim 1715/Yahukimo Letkol Inf Johanis Victorianus Tetol yang mengatakan bahwa, untuk wilayah Suru-Suru saat ini kondusif dan warga beraktivitas seperti biasanya.

“Saya berharap situasi semakin kondusif, kami terus berkoordinasi dengan Bupati, Kapolres dan unsur Forkopimda serta elemen masyarakat lainnya untuk menciptakan situasi yang aman kondusif,” kata Dandim 1715/Yahukimo.(Pendam XVII/Cenderawasih).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + 3 =