Kapolda Papua pimpin upacara Sertijab lima PJU

PAPUAunik – Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, SIK pimpinan upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Karo Ops, Karorena, Karolog Dir Intelkam, Dansat Brimob dan pelantikan Kapolres Mamberamo Raya yang digelar di Aula Rastra Samara Polda Papua, Kota Jayapura, Selasa (04/01).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolda Papua Brigjen Pol. Dr. Eko Rudi Sudarto, S.I.K., M.Si., Irwasda Polda Papua Kombes Pol Alfred Papare, S.I.K., para PJU Polda Papua, Auditor Itwasda Polda Papua Kombes Pol. Gatot Suprasetya, S.IK., Wadir Narkoba Polda Papua AKBP Supriyagung, S.IK., M.H.

Wakapolresta Jayapura Kota AKBP Supraptono, S.Sos., M.Si., Wakapolres Keerom Kompol Martha S. Tolau., SH., Karumkit Polda Papua Kompol dr. Dedet Steavano, Sp.OG. dan PS. Kasubid Tekom Bid TIK Polda Papua Kompol Arifin.

Kapolda Papua mengatakan kegiatan serah terima jabatan dalam suatu organisasi adalah merupakan bagian dari mekanisme dan dinamika organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan organisasi juga memberikan kesejahteraan personel berupa peningkatan promosi jabatan dan menyiapkan regenerasi kedepan sehingga organisasi tetap berjalan dan berkesinambungan.

Selain itu, lanjut Kapolda, tujuan mutasi pada suatu jabatan diharapkan juga dapat mengakselerasikan pelaksanaan program kerja yang telah dirumuskan sehingga dapat berjalan dengan efektif dan mengalami peningkatan kualitas kesatuan, baik dalam bidang pembinaan maupun operasional, sehingga dapat menumbuhkan semangat pengabdian yang tinggi serta mengukir prestasi pada setiap penugasan yang semata-mata berorientasi kepada pelayanan terhadap masyarakat,..

“Pada kesempatan yang baik ini saya selaku pimpinan Polda Papua atas nama kesatuan dan pribadi menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kinerja dan loyalitas yang baik kepada pejabat lama. Saya yakin dengan bekal pengalaman bertugas selama di Polda Papua, saudara akan lebih sukses di tempat tugas yang baru,” katanya.

Kepada Kombes Pol I Ketut Gede Wijatmika, S.I.K., Kombes Pol Mulyadi, S.E., A.K., Kombes Pol Ihsan Amin, S.I.K.,M.H., Budi Satrijo, S.I.K.,M.Hum, Kombes Pol Dr. Tagor Hutapea, S.I.K, Kapolda Papua menyampaikan selamat datang di Bumi Cenderawasih.

“Atas nama pribadi dan kesatuan saya ucapkan selamat kepada pejabat yang baru, selamat atas kepercayaan pimpinan Polri dan promosi untuk menduduki jabatan baru sebagai pejabat utama dan Kapolres di jajaran Polda Papua,” ujarnya.

“Saya mengharapkan untuk segera beradaptasi di lingkungan kerja yang baru dan hal-hal positif yang telah dibangun selama ini oleh pejabat lama agar ditindaklanjuti, dan saya harapkan dapat ditingkatkan. Saya yakin dan percaya, dengan bekal pengalaman dan latar belakang pendidikan yang telah saudara miliki, saudara mampu meningkatkan kinerja pada kesatuan yang akan anda pimpin,” sambungnya.

Selain dari pada itu di era modernisasi sekarang ini Polri dituntut untuk melaksanakan tugas secara profesional dan inovatif guna mendukung dan mensukseskan Program Prioritas Kapolri yang bertujuan menjadikan Sumber Daya Manusia (SDM) Polri yang unggul di era police 4.0. Dan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat.

Dinamika perkembangan situasi kamtibmas di Provinsi Papua yang terkadang meningkat seiring dengan adanya isu-isu yang berkembang dan berita hoaks yang beredar di media social kian memicu situasi kamtibmas. Diperlukan antisipasi, komunikasi, serta kemitraan kepada seluruh muspida di wilayah masing-masing serta Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan organisasi-organisasi kemasyarakatan yang ada guna mempermudah dalam penanganan permasalahan dan kasus serta penegakan hukum guna peningkatan keamanan.

“Selain itu, kita juga masih dihadapkan pada pandemi COVID-19 yang sampai dengan saat ini masih ada dan perlu kita waspadai. Varian baru COVID-19 yaitu omicron telah ditemukan di Indonesia, sehingga kita harus tetap mengingatkan kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan. Polri masih menjadi ujung tombak dalam pelaksanaan vaksin. Dan pada pelaksanaanya, Papua masih diurutan terakhir,” ujarnya.

“Dilihat dari dinamika diatas, saya mengharapkan agar saudara-saudara dapat menjabarkan sesuai dengan tugas pokok masing-masing. Serta mampu mengantisipasi dan mengatasi segala bentuk permasalahan keamanan yang terjadi di Wilayah Hukum Polda Papua,” lanjutnya.

Selain itu kepada seluruh personel Polda Papua, diharapkan senantiasa memberikan dukungan kepada pejabat yang baru, serta membangun kerja sama yang harmonis sebagaimana kerja sama yang telah ditunjukkan selama ini kepada pejabat lama untuk selanjutnya dapat diteruskan dan bahkan ditingkatkan kepada pejabat baru.

Jadikanlah serah terima jabatan ini sebagai momentum untuk memacu dan meningkatkan kembali semangat, disiplin dan etos kerja dalam pelaksanaan tugas di Polda Papua.

“Mengakhiri sambutan ini, saya ucapkan Selamat Tahun Baru 2022 kepada kita semua mudah-mudahan di tahun ini menjadi lebih baik dibandingkan di tahun kemarin dan terus semangat untuk melaksanakan tugas kedepan dan jadikan tahun kemarin sebagai pengalaman serta kita tingkatkan dan teruskan apa yang baik dan belum terselesaikan di tahun kemarin agar tahun ini kita bisa menjadi lebih baik,” katanya.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 + 1 =