Pengibar bendera BK di periksa penyidik Polda Papua

PAPUAunik – Para pemuda pengibar Bintang Kejora (BK) yang berjumlah tujuh orang digelandang dan diperiksa oleh penyidik Polda Papua, usai melakukan aksinya di halaman GOR Cenderawasih dan sempat longmarch teriakan yel-yel “Papua Merdeka”.

Hal itu diungkapkan Dirkrimum Polda Papua Kombes Pol Faizal Rahmadani ketika dihubungi melalui sambungan telepon seluler, Selasa (01/12) sore.

Kata Faizal, ketujuh oknum mahasiswa itu kini dalam tahap pemeriksaan. Kami masih lakukan pemeriksaan,” singkatnya.

Ia pun belum bisa merincihkan kejadian itu. “Yang jelas seperti informasi, kami masih dalami,” bebernya.

Ditanyakan soal identitas para pengibar, Faizal belum bisa memberikan komentar. “Kami masih periksa,” jelasnya.

Diketahui Tujuh orang mahasiswa melakukan pengibaran bendera bintang kejora di samping Mapolda Papua, Jl. Dr. Sam Ratulangi, Jayapura Utara, Kota Jayapura,Papua.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Selasa (1/11/2021) siang, ke-tujuh mahasiswa tersebut lakukan aksinya guna memperingati HUT ke-60 West Papua, yang jatuh pada hari ini 1 Desember 2021.

Lebih lanjut, aksi tersebut berlangsung pukul 12.45 WIT, yang mana aksi long march tersebut di mulai dari arah Gedung Olahraga (GOR) Cenderawasih Jayapura menuju Markas Komando Kepolisian Daerah Papua (Polda) Papua.

Terdapat juga beberapa pamflet bertuliskan :

  1. Self Determination for West Papua
  2. Welcoming UN High Commisioner for Human Right to West Papua
  3. Stop Militerisme in West Papua

Sambil membawa Pamflet bendera bintang Kejora, namun pukul 13.04 WIT, pihak kepolisian dari Polda Papua, berhasil mengamankan ke enam mahasiswa tersebut guna meminta keterangan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 1 =