Ini kebiasaan pagi hari Komjen Pol Paulus Waterpauw

PAPUAunik – Inilah kebiasaan di pagi hari yang di lakukan oleh Komjen Pol Drs Paulus Waterpauw yang kini menjabat sebagai Deputi II Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Kemendagri.

Yakni berolahraga pagi berupa jalan sehat mengelilingi suatu lokasi di manapun jenderal bintang tiga ini berada, seperti yang dilakukan saat berada di Kota Bandung, Jawa Barat dalam suatu tugas.

Berjalan pagi bukan hal baru di lakukan oleh ayahanda dari Ruth, Denzel dan Raiza, tetapi hal ini sudah dilakukan berpuluh-puluh tahun sejak masih muda. Dimana saat itu, Paulus mempunyai hobi olah gerak tubuh, bahkan tercatat sebagai atlet junior bola voli tingkat nasional.

Dari sinilah, olah raga terpatri dalam hidup suami dari Roma Megawanti Pasaribu, bahkan semasa masih aktif di Korsp Bhayangkara, Paulus sering melakukan itu, bisa dikatakan rutin. Karena baginya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, sangat penting di tengah kesibukan sebagai seorang Polri.

Tentunya contoh yang masih diingat adalah saat memangku jabatan sebagai Kapolda Papua untuk kedua kali. Paulus bahkan bisa berjalan hingga berkilometer jauhnya. Hal ini bisa dilakukan dari rumah dinas di kompleks Dok V Atas hingga ke arah Kota Jayapura, di Mapolda Papua. Bahkan melewati hingga ke arah Holtekamp, tempat tujuan wisata baru yang melintas Jembatan Youtefa. Ini menjadi menu setiap minggu selama bertugas.

Bahkan pernah sampai ke kompleks RS Bhayangkara dan Vuria sekitarnya, yang memiliki kontur berbukit. Paulus mampu melibas dengan berjalan yang prima, menggunakan training. Olah raga jalan sehat ini bukan saja dilakukan pada pagi hari, tetapi di malam hari juga dilakukannya, demi melihat secara dekat situasi Kamtibmas di ibu kota Provinsi Papua.

Deputi II BNPP Komjen Pol Paulus Waterpauw (kiri depan) saat berjalan pagi di Bandung, Jawa Barat.

Kembali ke Bandung, di kota kembang ini, pada Kamis (18/11) subuh, Paulus sudah menyusuri sejumlah ruas jalan didampingi beberapa anggota BNPP menempuh rute. Hal ini belum tentu dilakukan oleh pejabat negara lainnya.

Mengawali jalan sehat subuh sekitar pukul 05.00 WIB hingga pukul 07.00 WIB, Paulus menyusuri Jalan Junjunan ke arah Jalan Sukawarna atau perumahan milenium, lalu melewati Jalan Babakan Jeruk I kembali ke Jalan Junjunan masuk ke Jalan Sukasari Raya lalu, kembali ke Jalan Junjunan dan balik ke hotel tempat menginap.

Kebiasaan ini, juga terlihat saat menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam) Polri yang mengantarkannya sebagai orang asli Papua pertama yang memangku jabatan bintang tiga di pundaknya.

Bahkan dalam suatu kesempatan, Paulus terlihat bersama istrinya, Roma Megawanti Pasaribu berjalan mengelilingi suatu kompleks di ibu kota Jakarta. Pernah juga, terlihat berjalan bersama anak-anak muda Papua.

Ini tentunya ada pesan yang ingin disampaikan oleh “The Next Leader” Bumi Cenderawasih” ini kepada generasi muda milenial Papua bahwa di dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang kuat. Paulus ingin menunjukkan langsung bahwa menjaga kesehatan sangat penting lewat olah raga, tidak perlu mahal tetapi bisa berikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh, sehingga bisa memberikan imun yang kuat, di tengah pandemi COVID-19.

“Mari berolahraga, jaga imun tubuh,” katanya.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 7 = 3