Bangkitkan kejayaan kakao, Bupati Jayapura lakukan penanaman perdana di Kaureh

PAPUAunik – Guna membangkitkan kembali kejayaan tanaman kakao di Kabupaten Jayapura maka, Bupati Mathius Awoitauw resmi melakukan penanaman perdana bibit kakao bersama kelompok tani Serebo, di Kampung Soskotek, Distrik Kaureh, Kamis (18/11) pagi.

“Kami Khususkan wilayah pembangunan empat untuk tanaman Kakao, oleh karena itu kegiatan hari ini sebagaimana kami membangkitkan kembali kejayaan Kakao di Kabupaten Jayapura, tetapi juga pada umumnya di wilayah Tabi,” ucap Bupati Mathius Awoitauw dalam sambutannya sebelum melakukan penanaman perdana bibit Kakao di kampung Soskotek.

Katanya, dengan adanya penanaman perdana ini, diharapkan seluruh masyarakat di kampung ini sudah harus mulai buat suatu gerakan baru untuk kembali ke kebun Kakao. Karena tanaman ini sangat cocok bagi masyarakat yang ada di wilayah Pembangunan empat.

“Melihat dari pengalaman sebelumnya tanaman ini sangat cocok untuk masyarakat disini, hanya saja kurang adanya pendampingan yang baik. Sehingga mulai hari ini kami bangkitkan kembali semangat atau kejayaan yang sebelumnya, oleh karena itu saya harap masyarakat sudah harus mulai kembali ke kebun Kakao dengan caranya atau gerakannya sediri,” harapnya.

Menurut pria yang juga merupakan Ketua DPW Partai Nasdem Papua itu, luas lokasi disini sangat cukup dan sangat strategis untuk mengembangkan tanaman Kakao. Sehingga Ia meminta masyarakat disini bisa memanfaatkannya dengan baik.

“Saya pesan jangan jual lokasi tanah disini dengan sembarangan, melainkan memanfaatkannya dengan baik, yaitu salah satunya seperti mengembangkan tanaman Kakao. Karena hal ini akan memberikan dampak yang baik bagi anak cucu kita saat ini hingga nanti,” ungkapnya.

Sekedar diketahui bahwa, seusai melakukan penanaman perdana, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw langsung menyerahkan bantuan alat kerja berupa Sekop, sepatu lumpur, dan alat Semprot tanaman.(Tinus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 64 = 65