Refleksi 7 tahun PSI: Tetap teguh di Garis Idealisme dan Jalan Kemenangan

Disaat banyak orang meragukan PSI bisa menjadi peserta Pemilu 2019, anak-anak PSI bisa membuktikan bahwa mereka bisa membangun sebuah partai baru, diisi oleh anak-anak muda baru, dengan semangat baru dan lolos sebagai peserta Pemilu 2019 dengan momer punggung 11 (sebelas).

Itu babak indah tersendiri yang membanggakan untuk dikenang. Tidak mudah membangun partai baru dengan sumber dana terbatas dan ketiadaan tokoh-tokoh besar. Anak muda PSI berhasil menjawab tantangan itu, kekuatan Solidaritas adalah salah satu kuncinya.

Perjuangan PSI hampir terhenti setelah gagal melampaui ambang batas nasional 4 persen dan kandas di perolehan 1,89 persen suara nasional. Banyak parpol yang bernasib buruk, muncul di satu Pemilu, gagal lalu hilang ditelan bumi. Namun sepertinya PSI tidak masuk kategori itu. Semoga!

PSI pasti sudah paham faktor-faktor kegagalan mereka, baik eksternal maupun internal. Isu yang mereka usung di Pemilu 2019 “Anti Korupsi, Anti Intoleransi” dan “Anti Poligami” hanya bisa menjangkau dan diserap oleh masyarakat perkotaan, tapi tidak bisa digunakan untuk melakukan penetrasi suara di wilayah Sub Urban dan Pedesaan.

Sementara itu di internal PSI harus mengakui, performa caleg di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota adalah kunci mendongkrak suara elektoral. PSI nyaris tidak punya kekuatan di level pertarungan bawah dan akar rumput. Tugas besar PSI untuk menambal kekurangan itu di masa mendatang.

Di ulangtahun PSI yang ke-7 ini, tentu PSI semakin dewasa. Tidak mudah menggendong dua misi pada saat yang sama, idealisme dan pemenangan elektoral. Bahkan lebih sering idealisme bersimpang jalan dengan strategi pemenangan. PSI harus bertahan untuk
menggendongnya keduanya bersamaan.

Memenangkan Pemilu dan menjaga idealisme adalah sebuah tugas sekaligus cita-cita mulia. Mimpi besar PSI tentu membutuhkan tenaga super dan stamina tingkat dewa. Beruntungnya “kemudaan” PSI selalu dekat dengan arti “keberanian mencipta masa depan.” Tetaplah teguh di garis idealisme dan jalan kemenangan!

Selamat ulang tahun PSI yang ke-7
HADIR KERJA UNTUK RAKYAT

Oleh: Andi Saiful Haq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

60 + = 69