Paulus Waterpauw dan Roma Pasaribu motivasi mahasiswa Uncen

Papuaunik, – Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam) Polri Komjen Pol Drs Paulus Waterpauw memotivasi mahasiswa/i di Universitas Cenderawasih (Uncen) agar terus berkuliah untuk menggapai cita-cita.

“Jadi, adik-adik sekalian kuliah lah selagi masih muda,” katanya disela-sela Forum Diskusi Grup (FGD) dengan tema Ketahanan Sosial Budaya dan Pembangunan Papua dalam Perspektif Nasional di gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uncen Perumnas III, Kelurahan Yabansai, Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua, Selasa (19/10).

Menurut dia, selagi masih muda, para milenial Papua yang usia sekolah dan kuliah seharusnya, berada di perguruan tinggi sehingga bisa meningkatkan taraf hidup yang lebih baik lagi.

“Jangan seperti saya dan Ibu Roma, yang kuliah lagi di masa tua. Tapi saat masih muda kuliah lah dari S1, S2 hingga S3,” katanya membandingkan.

Sebenarnya, semasa berpangkat komisaris polisi (Kompol), Paulus mengaku akan melanjutkan kuliahnya ke S2, namun karena kesibukan dalam pekerjaannya sebagai abdi negara, sehingga baru terwujud di usia yang terbilang senja.

“Sebenarnya saat itu, kami ingin kuliah saat berpangkat Kompol atau mayor, tapi karena aktivitas sebagai polisi sehingga baru kuliah lagi,” kata Paulus.

Peserta FGD

Sementara itu, Roma Megawanti Pasaribu selaku pemateri dalam FGD itu mengungkapkan alasannya mengapa baru lanjut kuliah S2 guna menjawab pertanyaan para peserta.

“Kami baru bisa kuliah S2, karena banyak kesibukan di antaranya mengurus anak-anak, selain mendampingi suami,” katanya.

Roma juga membeberkan soal pendidikan bagi ketiga anak-anaknya bahwa tidak ada diskriminasi soal gender. “Anak saya yang pertama perempuan minta kuliah di luar negeri, kami penuhi, padahal tes awalnya di dua kampus ternama itu lulus. Itu artinya kami tidak memilah bahwa kamu perempuan dan kamu pria, semua mendapat porsi yang sama,” katanya.

Begitu juga anak kedua dan ketiga ketika meminta hal yang sama untuk berkuliah di luar. ” Meski pada akhirnya anak laki-laki minta pulang karena mengaku tidak kerasan dan sekarang berkuliah di STIN. Sementara anak bungsu juga sempat ikut sekolah di luar dan kembali kuliah di Indonesia,” bebernya.

Pada momentum ini, Roma juga memotivasi para mahasiswa/i Uncen agar tetap semangat berkuliah untuk meraih cita-cita. “Kepada para ibu Bhayangkari atau rumah tangga agar bisa mengarahkan dan mempersiapkan anak-anak untuk berkuliah,” ajaknya.

Sehari sebelumnya, Kabaintelkam Polri Komjen Pol Drs Paulus Waterpauw hadir sebagai pemateri bersama Guru Besar Hukum Universitas Cenderawasih (Uncen) Prof Dr Melkias Hetharia M.Hum, Sekda Kota Jayapura Dr Frans Pekey M.Si, dan Ketua Program Studi Kajian Ketahanan Nasional Universitas Indonesia Dr Arthur Josias Runtutambi dengan moderator Dr Audrey GD Tangkudung dengan topik yang sama.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 3 = 7