Kopi Kiwirok yang paling banyak dicari

Papuaunik, – Selama berlangsungnya PON XX Papua, kopi merupakan oleh-oleh wajib bagi atlet, offiicial maupun tamu undangan yang datang ke Bumi Cendrawasih. Apalagi, Papua selama ini oleh para penikmat kopi spesial, dikenal sebagai penghasil kopi arabika terbaik.

Hari Suroto arkeolog senior Papua ketika diminta pendapat tentang hal ini mengemukakan bahwa jenis kopi arabika pada umumnya ditanam di wilayah di pegunungan tengah Papua pada ketinggian 1500 hingga 2000 m dpl.

“Namun, dari sekian jenis kopi arabika di Papua, yang paling banyak dicari selama PON XX adalah kopi arabika Kiwirok,” katanya.

Menurut Hari, kopi jenis ini berasal dari Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang. Dimana wilayah kiwirok berbukit-bukit dengan kemiringan lereng 45 hingga 49 derajat. Pada ketinggian ini, suhu udara sangat dingin sekitar 18 hingga 23 celcius, berkabut dan intensitas cahaya matahari kurang.

“Hal ini yang membuat kopi Kiwirok spesial, kopi ini masuk dalam cup of excellent karena memiliki cita rasa yang unik dan jarang ditemukan pada kopi arabika lainnya. Kopi Kiwirok menawarkan rasa citrus, berry, fruity, sweet potatoes, sugar cane dan peach. Mungkin karena ditanam secara tumpang sari dengan ubi jalar, maka sweet potatoes yang dominan,” ungkapnya.

Kopi Kiwirok, lanjut Hari, ditanam secara organik, selain itu dalam pemanenan dan pengolahan buahnya tidak menggunakan mesin, semuanya dilakukan secara manual dengan tangan.

Kiwirok merupakan sebuah distrik yang hanya dijangkau menggunakan pesawat kecil jenis twin otter. Lapangan terbang Kiwirok memiliki panjang landasan pacu 600 m x 18 m, dengan penerbangan satu kali dalam seminggu. Penerbangan menggunakan pesawat kecil ini terhenti karena sering terjadinya gangguan oleh KKB.

Hal ini berdampak pada pengiriman kopi dari petani Suku Ngalum di Kiwirok ke Sentani Jayapura. Sehingga pasokan kopi arabika sangat kurang.

Dampak pemberitaan tentang seringnya gangguan KKB di Kiwirok, secara tidak langsung telah mempopulerkan kopi arabika Kiwirok, walaupun sebenarnya kopi ini sudah terkenal sebagai kopi terbaik oleh para pecinta kopi spesialty.

“Kopi arabika Kiwirok, banyak dicari oleh atlet, officiial maupun tamu PON Papua untuk dijadikan sebagai oleh-oleh, dan menjadikan penasaran ingin mencoba rasa kopi ini terutama bagi mereka yang sebelumnya belum pernah merasakan kopi arabika Kiwirok,” ujarnya.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

33 + = 38