Pariwisata dan olahraga peluang investasi yang dimiliki Kabupaten Jayapura

Papuaunik, – Pariwisata dan olahraga adalah peluang investasi yang dimiliki oleh Kabupaten Jayapura, yang bisa ditawarkan kepada investor guna pengembangan dan pembangunan di daerah itu.

Demikian hal ini yang disampaikan oleh Bupati Jayapura Mathius Awaitouw di Sentani, Rabu (13/10) pagi ketika disinggung soal peluang usaha dan investasi yang bisa diraih saat penyelenggaraan PON XX di Sub Klaster Kabupaten Jayapura.

“Investasi sementara ini kami belum melihat yah, tetapi ada beberapa pihak sudah mengunjungi sejumlah tempat, misalnya ke kampung-kampung, ada juga dari pihak kementerian juga, bahkan dari Provinsi Banten dan Kalimantan Barat mereka sudah melirik,” katanya.

“Mungkin juga investasi ada dibidang olahraga, ada kaitannya, itu juga mereka sudah menjajaki. Mereka melirik di seberang danau, mereka melihat itu. Tapi sejauh ini secara resmi komunikasi untuk investasi belum, mungkin karena semua sibuk dengan (PON) kontingennya masing-masing, tetapi kita sudah siapkan fasilitas jika mereka kunjungi ke tempat-tempat untuk melihat, silahkan,” sambungnya.

Ia mengku belum mendapatkan laporan secara langsung terkait investor, tetapi komunikasi ditingkat bawah pada akar rumput sudah pasti terjadi pada momentum olahraga empat tahunan ini.

“Saya belum tahu mungkin ada komunikasi-komunikasi dengan orang lain, mereka sedang membicarakan tapi langsung ke saya belum. Tapi perasaan saya banyak orang mendapatkan informasi sangat baik , dibanding dengan sebelum mereka kesini, tentang Papua,” katanya.

Sekedar diketahui pada pertengahan September 2021, Menteri Parekraf Sandiaga Uno mengunjungi Kampung Yoboi, salah satu kampung wisata di Danau Sentani, Kabupaten Jayapura.

Mantan Cawapres ini pun merupakan wakil pemerintah pusat yang bisa berlama-lama berada di kampung itu dan menyampaikan bahwa Yoboi layak masuk dalam daftar 50 besar desa wisata terbaik di Indonesia. Disini bahkan Sandiaga sempat bermain voli bersama warga kampung.

Begitu juga pada awal Oktober 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi kampung ini. Kang Emil demikian sapaan akrab Gubernur Jawa Barat itu bahkan mengajak lima orang pemuda kampung untuk ke negeri Pasundan guna belajar bagaimana pengembangan pariwisata terutama tentang desa wisata.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 86 = 88