Yoboi butuh perhatian setelah masuk 10 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia

Papuaunik, – Kampung wisata Yoboi yang berada di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua telah menjadi salah satu desa penerima penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) bersama 49 desa lainnya di seluruh Indonesia, oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. pada 21 September 2021.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampung Yoboi, Billy Tokoro mengatakan, pihaknya merasa bersyukur karena kerja keras pihaknya menata Kampung Yoboi tidak sia-sia, karena telah masuk dalam daftar penerima penghargaan ADWI. Oleh karena itu, Billy minta agar ada perhatian serius dari pemerintah.

“Penghargaan yang kami dapatkan ini kan tentunya mengharumkan nama baik pemerintah Provinsi Papua, terlebih khususnya Kabupaten Jayapura. Tetapi sayangnya sampai saat ini kami belum mendapatkan perhatian yang serius dalam menjawab keluhan kami saat ini,” ucap Billy Tokoro saat dikonfirmasi wartawan di Sentani, Senin (11/10) siang.

Kata Billy, seiring berjalannya waktu Kampung Yoboi semakin diminati banyak wisatawan lokal maupun nasional yang secara terus menerus mendatangi Kampung Yoboi. Oleh karena itu Billy mengaku sangat berharap perhatian pemerintah.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampung Yoboi, Billy Tokoro.

Lebih lanjut, ada beberapa fasilitas penunjang yang dibutuhkan pihaknya, yakni Homestay, WC, alat kebersihan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu dirinya meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura bisa menjawab keluhan mereka.

“Hal ini kami sangat memohon sekali karena perlu kita ketahui bersama bahwa, dari 50 besar Yoboi sebagai kampung wisata di Indonesia, saat ini kampung Yoboi sedang 10 besar. Oleh sebab itu kami sangat berharap sekali perhatian pemerintah, dalam hal ini dinas pariwisata kabupaten Jayapura maupun provinsi Papua untuk menjawab fasilitas penunjang yang kami butuhkan saat ini,” harap Billy.

Sekali lagi Billy sangat berharap perhatian pemerintah untuk menjawab keluhan pihaknya. Karena menurutnya apa yang telah diupayakan pihaknya itu tentu dampaknya akan mengharumkan nama baik Pemkab Jayapura tetapi juga pada umumnya Pemprov Papua.

“Kami sangat berharap sekali pemerintah kabupaten Jayapura maupun provinsi Papua bisa menjawab kebutuhan kami ini. Karena apa yang kami upayakan ini untuk mengangkat kearifan lokal dan pariwisata di mata dunia, yang mana dampaknya akan mencerminkan nama baik Pemprov Papua terlebih khususnya Pemkab Jayapura,” papar Billy Tokoro (Tinus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

33 + = 37