PON memberikan faedah ekonomi bagi warga di lokasi wisata

Papuaunik, – Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua yang secara resmi telah dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada 2 Oktober lalu ternyata memberikan dampak atau faedah ekonomi bagi warga atau masyarakat di sekitar lokasi wisata, terutama para pengelolanya.

Tory Taime, salah satu warga di sekitar destinasi wisata Bukit Teletubies, Doyo Lama, Kabupaten Jayapura, Papua, pada Jumat (08/10) siang mengaku bahwa PON memberikan dampak yang positif bagi masyarakat setempat.

“PON ini sangat baik sekali, karena ada pengaruhnya kepada kami yang jaga ditempat-tempat wisata ini,” katanya kepada awak media di Sentani, Kabupaten Jayapura.

Ia mengakui bahwa pagelaran olahraga empat tahunan itu telah membuat spot wisata di Bukit Teletubies menjadi salah satu lokasi yang ramai dikunjungi oleh para atlet dan official.

Tory Taime

“Karena PON, pengunjung juga bertambah banyak, penghasilan meningkat jika dibandingkan dengan sebelum pelaksanaan PON yang minim pengunjung,” ungkapnya membandingkan.

Sebagai salah satu pengelola wisata Bukit Teletubies bersama warga di Doyo Lama, Tory mengaku pemerintah setempat begitu memperhatikan pengembangan spot-spot wisata sehingga memberikan dampak yang baik bagi warga setempat untuk mengambil momentum guna menjajakan hasil bumi atau pun souvenir khas Papua.

“Dengan adanya PON, kami yang ikut terlibat mengelola tempat wisata juga merasakan dampaknya dalam sisi ekonomi, karena pendapatan kami meninggkat,” ujarnya.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

48 − = 41