Pariwisata dan budaya menjadi primadona Kabupaten Jayapura

Papuaunik, – Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengungkapkan bahwa pariwisata dan seni budaya menjadi primadona di Bumi Kenambay Umbay (sebutan lain Kabupaten Jayapura) selama pelaksanaan PON XX di Papua.

“Sekarang ini banyak orang yang berminat mau pergi ke tempat-tempat pariwisata, mereka kaget, oh…keindahan luar biasa di Papua ini,” ungkapnya di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (09/10).

Menurut Mathius, para pengunjung ataupun tamu PON terkagum-kagum dengan berbagai spot pariwisata yang ada di Kabupaten Jayapura dan sekitarnya yang bisa diakses dengan beragam transportasi, baik darat ataupun laut.

“Mereka tidak membayangkan bahwa bisa menemukan hal-hal seperti ini di sini. Ditempat-tempat venue jugam bahkan beberapa yang menggunakan kapal. Mereka kagum karena melihat pemandangan alam yang masih asli dan alami,” ungkapnya.

Bahkan, kata dia, menurut laporan dari panitia serta relawan PON, banyak peserta baik atlet hingga official meminta untuk mengantarkan mereka ke berbagai tempat wisata andalan di Kabupaten Jayapura.

“Dan perminataan untuk mereka pergi ke tempat-tempat pariwisata atau rekreasi atau mau jalan-jalan lihat itu banyak. Tapi kita tetap konsentrasi bahwa semua harus selesai PON. Karena kita juga terbatas dalam komunikasi, tapi ada juga yang sudah jalan sendiri, mereka komunikasi langsung dengan pihak pengelola fasilitas dan transportasi wisata,” katanya.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw

“Mereka jalan kemana-mana, itukan masing-masnig keinginan untuk mengexsplore dan melihat, sehingga kami harapkan seperti itu. Dengan harapan setiap orang bisa menceritakan pariwisata disini, mengenai keindahan kebudayaaan dan ini sangat luar biasa bagi mereka yang melihat langsung,” katanya.

Mathius juga mengaku bahwa selama pelaksanaan PON, sanggar-sanggar seni yang ada di Kabupaten Jayapura dilibatkan sehingga para tamu undangan dan juga atlet serta official bisa melihat langsung jenis tari-tarian atau budaya yang ada.

“Memang kita siapkan semua sanggar-sanggar seni disini untuk terlibat dalam semua agenda selama PON dan mereka sangat kagum dengan keindahaan dan kebudayaan disini,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, sejumlah spot-spot wisata yang ada di Kabupaten Jaypaura di antaranya wisata keliling Danau Sentani yang bisa diakses dari bibir pantai Khalkote, Kampung Harapan. Lalu, destinasi wisata Danau Love, Bukit Teletubies, Tugu McArthur hingga situs megalitukum Tutari.

Lalu, destinasi pantai Tablanusu, pantai Amay, pantai Harleem, Bukit Salib di Doyo Lama, Kali Biru di Genyem dan air terjun Cycloop, serta masih banyak spot-spot wisata lainnya.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

60 − = 52