Respon warga Kabupaten Jayapura sambut PON sangat antusias

Papuaunik, – Respon warga di berbagai kampung hingga distrik di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua dalam menyambut dan mensukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX sangat antusias.

Demikian hal ini dikemukakan oleh Bupati Jayapura Mathius Awaitouw di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (08/10) pagi.

“Respon masyarakat di Kabupaten Jayapura sangat tinggi dalam menyambut PON. Ini terlihat dari animo masyarakat untuk menjadi volunteer dalam membantu panitia. Ini sangat luar biasa sehingga kami kewalahan juga untuk menerima,” katanya.

Mengenai volunteer atau relawan, Mathius mengklaim sebanyak 8.000 lebih yang direkrut, dan itu belum termasuk jumlah panitia yang terlibat dalam setiap cabang olahraga (Cabor) yang dipertandingkan atau diperlombakan di Kabupaten Jayapura.

“Sekarang yang direkrut untuk volunteer itu lebih dari 8.000 orang, belum lagi panitia, diluar dari itu yang terlibat bisa 15 ribu hingga 16 ribu orang, baik langsung dan tidak langsung orang dalam PON ini,” katanya.

Selain itu, lanjut Mathius, pihaknya juga melibatkan para pengrajin yang ada di kampung-kampung, seperti mama-mama asli Papua. “Juga ada mama-mama ikut terlibat dalam kuliner, cenderamata, kerajinan-kerajinan, itu disetiap venue kita sudah siapkan tempat untuk mereka bisa menjual hasil kerajinannya, karena banyak sekali delegasi yang datang ini sangat menyukai barang-barang khas Papua,” ujarnya.

Tentunya, lanjut Mathius, semua yang terlibat dalam mensukseskan PON telah diberikan bekal seperti pelatihan ataupun bimbingan agar bisa paham tugas dan tanggung jawab masing-masing.

“Nah, ini sudah kami bagi tugas untuk mereka, dan sebelumnya itu semua yang terlibat itu melewati bimbingan teknis atau penguatan kapasitas, bagaimana bekerja dan melayani dengan baik, dan itu juga diberbagai kampung, hampir semua saya katakan disekitar venue ini,” katanya.

“Semua terlibat didalam kerajinan tangan dan ada banyak sekali sanggar seni yang terlibat. Jadi, sanggar seni ini pada saat penyambutan dan upacara-upacara, penyerahan hadiah tetapi setiap pembukaan cabang olahraga itu mereka terlibat semua disitu,” katanya lagi.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 1