Resmikan PLBN Sota, Presiden Jokowi Tinjau Komoditas Pertanian Unggulan Ekspor Papua

Papuaunik, – Sejumlah komoditas pertanian unggulan ekspor asal Provinsi Papua dipamerkan oleh Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Merauke di Pos Lintas Batas Negara Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Minggu (03/10).

Presiden Joko Widodo yang melakukan kunjungan kerja untuk meresmikan Pos Lintas Batas Negara Sota, Merauke sebagai rangkaian pembukaan PON XX/2021 di Papua.

“Ijin Pak, untuk komoditas yang di kirim ke PNG berupa bahan makanan, beras, pinang, sirih, tepung terigu dan komoditas bahan pangan lainnya, “kata Kepala Karantina Pertanian Merauke, Sudirman saat memberikan penjelasan secara langsung kepada Presiden Jokowi.

Sudirman juga menambahkan bahwa seluruh komoditas yang diekspor melalui PLBN ini telah dipastikan kesehatan dan keamanannya sesuai dengan persyaratan dari negara tujuan ekspor, Papua Nugini.

“Sementara, komoditas pertanian yang masuk dari negara tetangga, berupa jeruk nipis, ” tambah Sudirman.

Selain meninjau secara langsung ragam komoditas pertanian ekspor, setelah peresmian PLBN Sota, Presiden juga meninjau seluruh fasilitas, kesiapan petugas pelayanan sekaligus menyapa dan berdialog dengan seluruh unsur instansi CIQS (Custom, Immigrations, Quarantine & Security).

“Kawasan perbatasan adalah beranda depan Indonesia yang mewakili wajah bangsa yang harus terus kita bangun agar bisa menjadi representasi kemajuan Indonesia yang membanggakan seluruh warga kita,” pesan Jokowi.

Sebagai informasi, PLBN Sota merupakan PLBN ke-2 yang dibangun di Papua yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini (PNG).

Peresmian PLBN Sota juga turut dihadiri oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Bupati Merauke Romanus Mbaraka, Bupati Asmat Elisa Kambu, serta Forkopimda Kabupaten Merauke.(Humas Karantina Pertanian Merauke)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

43 − 40 =