Jelang pembukaan PON, Pemkab Jayapura tata lokasi pariwisata

Papuaunik, – Jelang Opening seremoni PON XX Papua, penataan lokasi pariwisata di Pantai Khalkote yang berada di Distrik Sentani Timur, sudah mulai dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura yang mana penataannya sudah mencapai 95 persen.

Demikian hal itu diungkapkan langsung oleh Asisten ll Bidang Perekonomian Kabupaten Jayapura, Joko Sunaryo saat ditemui wartawan ketika memantau proses penataan lokasi di pantai Khalkote, Jum’at (01/10) pagi.

“Saya melihat penataan ini sudah siap, yang mana salah satunya ada beberapa gedung untuk UMKM ini, nampaknya sudah bisa dipakai untuk oleh masyarakat setempat, oleh karena itu untuk saat ini penataannya suda mencapai 95 persen,” ucap Joko Sunaryo pada kesempatan tersebut.

Katanya, panggung yang dibangun sekarang oleh dinas pariwisata ini, nantinya akan digunakan sebagai pentas seni, yang mana tujuannya untuk pemberdayaan masyarakat di bidang seni, dan budaya.

“Dengan adanya pentas seni, tentunya akan ada juga berbagai kearifan lokal, yakni dari pernak-pernik hingga sampai kulinernya. Oleh karena itu kami harap pada saat PON berlangsung, tempat ini bisa menjadi sentral kuliner maupun sentral budaya,” ujar Joko.

Ia menjelaskan, proses penataan lokasi tersebut dimulai pada akhir bulan September, dan ia mengaku prosesnya pun berjalan dengan baik hingga sampai saat ini. Oleh karenanya pihaknya menargetkan pada 1 Oktober ini pekerjaannya sudah selesai, agar pada 2 Oktober sudah bisa digunakan tempatnya.

“Target kami pekerjaan sudah harus selesai hari ini. Agar pada esok harinya Api PON melintasi lokasi ini, semua tempat yang ada ini sudah bisa dipakai sebagaimana mestinya,” paparnya.

Katanya, perlu diketahui bahwa penataan ini berdasarkan kerjasama antara dinas pariwisata dengan Dinkok dan UKM kabupaten Jayapura, yang mana penataan ini dilakukan untuk nantinya pada 5 Oktober rencananya akan diadakan pesta budaya di pantai Khalkote ini oleh PB PON.

“Jadi pada 5 Oktober itu kalau tidak ada halangan, PB PON rencana akan gelar pesta budaya disini, yang mana pada kesempatan tersebut, panggung yang ada ini nantinya akan digunakan untuk kegiatan pesta budaya, yakni kegiatan ini dilakukan sebagai ajang promosi pariwisata di Papua terlebih khususnya di Kabupaten Jayapura. Untuk itu kami harap, kegiatan ini bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.(Tinus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 2