Manfaatkan momen, mahasiswa ISBI jual souvenir Papua

Papuaunik, – Memanfaatkan momentum pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, mahasiswa Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Papua jual souvenir atau cenderamata di halaman Stadium Klemen Tinal Roller Sport, Bumi Perkemahan (Buper) Kelurahan Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Provinsi Papua, sejak Senin (27/09).

Yakobus Kimiak, mahasiswa semester 6 ISBI Tanah Papua yang ditemui Papuaunik.com mengaku ia bersama rekannya Kaleb Leleran yang juga merupakan senior dari kampus tersebut diajak oleh Pemerintahan Distrik Heram untuk ikut mengisi stan atau pun tenda jualan saat pelaksanaan PON.

“Jadi, saya diajak oleh Kakak Kaleb untuk menjual hasil karya. Kami diundang oleh Distrik Heram kemudian dipandu oleh Disperindagkop Kota Jayapura mengisi stan UMKM di sini,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa souvenir atau pernak-pernik yang dijajakannya berupa pahatan atau ukiran asbak motif PON, pahatan burung Cenderawasih, gantungan dinding, lukisan, rajutan noken dari kulit kayu dan benang serta tifa dan ikat kepala dari bulu ayam.

“Untuk bahan baku, kami memanfaatkan barang-barang sisa, seperti kayu balok. Kalau harga untuk ukiran atau pahatan itu mulai dari Rp150 ribu hingga Rp500 ribu, untuk lukisan kisaran Rp1 jutaan, dan kalau noken dari Rp100 ribu hingga Rp300 ribu,” katanya menjelaskan soal harga.

Yakobus mengaku bangga bisa dilibatkan untuk mengenalkan pernak-pernik Papua disaat memontum pelaksanaan PON XX, meski dadakan tetapi bisa diwujudkan.

“Memang kami diajak itu dua pekan sebelum laga perdana PON di bulan ini, tapi kami benar-benar maksimalkan waktu yang ada untuk membuat souvenir ataupun cenderamata ini,” katanya mengaku sedang cuti kuliah karena biaya dan pandemi corona.

Ia berharap even sekelas ini, harusnya lebih banyak pemuda atau pemudi asli Papua dilibatkan dalam momentum yang sangat berharga. Karena, kegiatan sekelas PON tidak mungkin bisa terulang kembali.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + 8 =