Ngopi bareng Kabid Humas Polda Papua bersama akademisi dan netizen

Papuaunik, – Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs Ahmad Musthofa Kamal SH menggelar bincang-bincang ringan bersama netizen di Cafe Black On Box, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua Selasa (28/09).

Kegiatan penggalangan Netizen, Mari Kitong Ngopi bersama petingi Polda Papua itu mengusung tema Peran Generasi Muda Jaga Situasi Kamtibmas Dalam Pelaksanaan PON XX Papua.

Kabid Humas Polda Papua dalam kesempatannya mengatakan, PON XX Papua sudah di depan mata, sudah ada beberapa Cabor yang dipertandingkan meskipun PON XX Papua baru akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 2 Oktober 2021 di Stadion Utama Lukas Enembe.

“Mari kita semua berdoa agar PON XX Papua 2021 diberi kelancaran dari awal sampai akhir, jika ada imbauan Kamtibmas atau ajakan-ajakan yang positif maka kita bisa teruskan atau bagikan ke orang-orang dekat kita,” ajaknya membuka pembicaraan.

Jika menmukan postingan negatif atau berita hoax, cukup berhenti, Kamal mengimbau agar cukup berhenti di pribadi masing-masing, jangan lagi disebarluaskan, bila perlu segera dilaporkan kepada pihak berwajib untuk ditindaklanjuti.

“Kami juga sebagai aparat Kepolisian bergandeng tangan dengan seluruh Stakeholder yang ada di Papua telah berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan sosialisasi tentang bagaimana mendukung agar PON di Tanah Papua ini bisa sukses diselenggarakan,” katanya.

Ia juga berharap dukungan dari masyarakat luas khususnya peran generasi muda yang tergabung dalam komunitas yang ada di Kota Jayapura, untuk bersama-sama berkolaborasi agar Tanah Papua yang dicintai ini tetap kondusif pada saat pelaksanaan PON XX Papua 2021 maupun setelah pelaksanaan PON XX nanti.

“Tentunya, kami sangat berharap para generasi muda di Papua ini, menjadi tulung punggung dalam menyebarkan informasi yang positif,” pinta Kamal.

Sementara itu, perwakilan Rumah Belajar Papua (RBP) Rhidian Yasminta Wasaraka yang akrab disapa Dian mengatakan bahwa semua bisa membuat sesuatu hal menjadi viral di media sosial, maka dari itu mari ciptakan kedamaian dengan memviralkan konten-konten positif dan imbauan yang bersifat baik.

“Bukan berarti kita anti kritik, tetapi kita harus bisa membedakan mana kritik yang bersifat membangun atau menjatuhkan. Dengan kita memviralkan hal-hal yang positif, misalnya tentang kedamaian dan keindahan di Tanah Papua, maka para atlet yang datang di Papua akan merasa nyaman,” katanya.

Akademisi di Universitas Muhammadiyah Papua itu berharap kaum muda bisa menampilkan wajah Papua yang aman dan menyenangkan, sehingga dapat membuat investor datang dan peluang berkolaborasi dalam pelaksanaan PON XX dapat berjalan dengan lancar.

“Kita semua memiliki peran masing-masing dalam menyukseskan PON di Papua, sehingga mari kita semua berkolaborasi dengan tujuan kita bersama yaitu Suksesnya PON XX di Tanah Papua,” kata Dian.

Sedangkan, Yayan Sopian jebolan S2 Amerika Serikat mengatakan generasi muda sebagai masa depan Papua selain mendukung dan menyukseskan PON XX di Tanah Papua.

“Juga berharap kepada seluruh komponen masyarakat dapat bersama-sama menjaga kemanan dan ketertiban menjelang pelaksanaan PON XX hingga berakhirnya PON. Karena keamanan bukan saja tugas aparat keamanan TNI-Polri tetapi tugas kita semua sebagai masyarakat Papua,” katanya.

“Mari kita bersama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, mari bersama menjaga keamanan dan ketertibaan pelaksanaan PON XX 2021. Kita hindari hal-hal negatif yang bisa merugikan kita dan orang lain sehingga PON XX tahun 2021 bisa berjalan lancar dan sukses,” ajak Yayan yang juga guru di salah satu sekolah di Kota Jayapura.

Salah satu peserta Komunitas Netizen Kota dalam kesempatannya mengatakan, salah satu peran kita sebagai generasi milenial tidak akan terlepas dari sosial media, maka kami berharap kita bisa membuat suatu event yang kemudian kita viralkan untuk menutupi orang orang yang bertujuan memprovokasi masyarakat.

Ia mengaku sangat berterimakasih dan sangat mengapresiasi karena telah diadakan forum seperti ini, sehingga kita bisa berkumpul bertukar pendapat untuk mewujudkan tujuan kita bersama yaitu PON XX Papua sukses, aman dan membuat para tamu yang datang membawa kesan yang manis dari tanah Papua ini.

“Kita sebagai generasi muda akan membantu sesuai kemampuan kita untuk turut menjaga Tanah Papua tetap kondusif. Semoga tidak hanya berhenti di forum ini, tetapi kita bisa terus berdiskusi untuk bersama-sama kita berinovasi untuk Papua yang lebih maju,” katanya.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

26 + = 29