Tampilkan Kearifan Lokal, Sub PB PON Kabupaten Jayapura Diminta Sediakan Tempat Yang Layak

Papuaunik, – Mama-mama Papua di Sentani tidak mendapatkan tempat yang layak untuk menjual berbagai kearifan lokal hasil kerajinan tangan mereka. Oleh sebab itu PB PON, dalam hal ini Sub PB PON Cluster Kabupaten Jayapura diminta untuk sediakan tempat jualan yang layak bagi Mama-mama Papua.

Demikian permintaan itu datang dari salah satu Mama Papua, yakni Berce Ani Usyon ketika ditemui Papuaunik.com saat menjual berbagai kearifan lokal atau pernak-pernik budaya, di depan salah satu ruko yang bersebelahan dengan Stadion utama Lukas Enembe, tepatnya di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Senin (27/09) siang.

“Pada PON ini kami ingin sekali menjual kearifan lokal hasil kerajinan tangan kami sendiri. Tetapi kami tidak ada tempat yang baik, sehingga kami berjualan di depan ruko seperti ini. Oleh karena itu kami minta panitia PON setempat bisa menyediakan tempat yang layak untuk kami berjualan,” ucap Mama Papua, Berce Ani Usyon kepada Papuaunik.com di Sentani.

Lanjutnya, ia mengaku dirinya bersama teman-temannya merasa sedikit kecewa. Karena menurutnya sebagian tuan rumah tetapi tidak mendapatkan tempat yang layak.

“Kami sebagai tuan rumah tetapi kami tidak mendapatkan tempat yang layak, ini aneh. Oleh karena itu kami harap berikanlah sedikit perhatian untuk kami, supaya kami bisa memanfaatkan momen PON ini dengan menampilkan kearifan lokal,” paparnya.

Menurut Berce , Iven sebesar PON tidak ada tempat bagai mama-mama Papua untuk menampilkan kearifan budaya, ini sangat disayangkan. Oleh karena itu dirinya berharap PB PON dalam hal ini Sub PB PON Cluster Kabupaten Jayapura bisa melihat hal ini dengan baik.

“PON ini kan agenda Nasional, yang mana suatu momen yang tepat untuk kami menampilkan kearifan budaya kami, dengan cara menjual kerajinan tangan kami. Agar tamu kita yang datang dan melihatnya, kemudian membelinya, mereka menjadi tahu bahwa beginilah kearifan budaya yang ada di Papua. Tetapi untuk menampilkan kearifan ini, kami tidak memiliki tempat yang layak, sehingga sangat disayangkan. Oleh karena itu kami berharap panitia PON Kabupaten Jayapura bisa melihat apa yang kami alami ini dengan baik,” ujarnya dengan penuh harapan yang tinggi.

Ia menyebutkan, pembukaan PON kurang beberapa hari lagi. Oleh karena itu ia berharap, disisa waktu ini Sub PB PON Cluster Kabupaten Jayapura bisa menyiapkan tempat yang layak. Agar momen PON ini bisa diwarnai dengan kearifan budaya Papua, yang ditampilkan dirinya bersama teman-temannya.(Tinus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

56 + = 60