Benhur Tomi Mano Dikukuhkan Sebagai Gubernur Papua Tabi

Papuaunik, – Secara resmi Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM. dikukuhkan sebagai Gubernur Papua Tabi oleh Ketua Dewan Presidium Masyarakat Adat Tabi, Ondofolo Ismael Isack Mebri,SKM,MPH.

Demikian pengukuhan itu berlangsung pada acara penutupan kongres besar l masyarakat wilayah adat Tabi Provinsi Papua tahun 2021, di kampung Sereh Sentani, Kabupaten Jayapura Provinsi Papua. Jum’at (24/09) siang.

Ismael mengatakan, pengukuhan tersebut bukan atas dasar kebijakannya, melainkan berdasarkan kesepakatan bersama pada rapat komisi yang berlangsung pada kongres besar l masyarakat wilayah adat Tabi.

“Pada rapat komisi seluruh pengurus maupun masyarakat Tabi menyepakati bahwa harus ada anak Tabi yang dimajukan. Jadi itu bukan atas dasar kemauan saya sediri, tetapi berdasarkan kesepakatan bersama sesuai hasil rapat komisi,” ucap Ketua Dewan Presidium Masyarakat Adat Tabi, Ondofolo Ismael Isack Mebri,SKM,MPH.

Katanya, hal itu disepakati pihaknya sebagai bentuk mempersiapkan figur terbaik anak Tabi, untuk memimpin Papua atau Tabi kedepannya. Karena menurut kaca mata masyarakat Tabi, Bapa Tomi Mano yang layak, karena masa kepemimpinannya suda terbukti.

Gubernur Papua Tabi Benhur Tomi Mano

“Kami harus mempersiapkan terlebih dahulu, supaya pada waktunya nanti masyarakat Tabi tahu bahwa pemimpin inilah yang harus didukung. Karena pemimpin inilah yang bisa menjawab nasib anak-anak Tabi kedepanya,” ujarnya.

Ismael berharap, apa yang telah disepakati pihaknya itu bisa dapat terwujud dengan baik, demi menjawab nasib Tabi, tetapi juga demi anak cucu kedepannya.

Sementara itu, Walikota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM. kepada wartawan mengatakan, dirinya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Dewan Adat Tabi yang telah mengukuhkan dirinya. Karena menurutnya hal merupakan kepercayaan yang besar.

“Sebenarnya masih banyak Putra-putri terbaik dari Tabi. Tetapi saya yang dipilih, sehingga tentunya saya sangat memberikan apresiasi yang tinggi, karena ini kepercayaan dari adat, yang merupakan kepercayaan yang besar,” ujar Tomi Mano.(Tinus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

85 − 75 =