Perluas akses jaringan, Pemerintah Pusat luncurkan 4.000 tower Ke Papua

Papuaunik, – Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kominfo, meluncurkan 4.000 tower ke Provinsi Papua untuk dibangun, dalam rangka memperluas akses jaringan di seluruh pelosok Indonesia bagian timur.

Demikian hal itu diungkapkan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny Gerard Plate ketika dikonfirmasi wartawan terkait tidak adanya akses jaringan di kampung, saat sesi jumpa Pers, setelah memantau kesiapan media center Sub PB PON cluster kabupaten Jayapura.

“Di seluruh Indonesia, yang paling banyak dibangun tower itu cuma di Papua. Yakni Papua yang mendapatkan stok terbanyak dari daerah lain, yang mana hal merupakan bagian daripada menjawab kebutuhan tersebut,” ucap Johnny Gerard Plate, Kamis (23/09).

Menurutnya, dengan adanya empat ribu tower yang diluncurkan pihaknya ke Papua itu tentunya akan menjawab kebutuhan masyarakat di kampung. Namun sayangnya SDM untuk perawatan peralatan ini, di Papua masih sangat kurang, sehingga perlu ada upaya dari pemerintah setempat untuk melakukan penambahan. Agar peralatan ini bisa terawat dengan baik.

“Alat yang kami bantu ini sudah sangat lengkap, yang mana tinggal siap dipasarkan saja. Tetapi untuk perawatannya kemungkinan kami menghawatirkan, karena SDM-nya kurang. Oleh karena itu, kami minta setiap kepala daerah bertanggungjawab untuk mengadakan SDM ini,” ujarnya.

Perlu diketahui bahwa, sejauh ini angkutan tower ada seratus Kontener yang sudah tiba di Papua. Yang mana sebagiannya sedang dibangun. Untuk itu saat pemasangannya nanti, dirinya meminta kepada setiap kepala daerah di Papua untuk harus dipasang di tata ruang yang benar dan baik. Supaya selanjutnya bisa dikembangkan dengan baik, di setiap tempat-tempat yang belum dijangkau jaringan telekomunikasi.

“Pada kesempatan ini saya minta kepada pemerintah setempat maupun seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga alat ini dengan baik. Karena dengan adanya pemasangan ini akan menimbulkan dampak yang baik. Yang mana masyarakat di kampung bisa mengikuti perkembangan yang terjadi, salah satunya PON Papua ini,” harapnya (Tinus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 66 = 71