TNI evakuasi tiga orang pengungsi Kiwirok ke Jayapura

Papuaunik, – Personel TNI dari Kolakops Korem 172/PWY kembali mengevakuasi sebanyak tiga orang dari Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang ke Jayapura dengan menggunakan Hellycopter Type 412 EP TNI-AD Noreg HA – 5155, pada Rabu (22/09).

Ketiga pengungsi tersebut merupakan dua orang masyarakat pendatang atas nama Magdalena Esawaek (39) asal Biak yang berprofesi sebagai guru SMP dan rekannya Rospiani Purba (55) asal Medan guru SMP dan satu orang masyarakat asli Kiwirok Yosepa Taplo (50) ibu rumah tangga.

Ketiga warga pengungsi ini, melalui staf Teritorial Korem 172/PWY telah diantar sampai dengan rumah masing-masing di Jayapura. Mereka pun menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak TNI yang telah mengevakuasi dari Distrik Kiwirok.

Usai kejadian aksi teror yang dilakukan oleh Kelompok separatis di Distrik Kwirok Kabupaten Pegunungan Bintang beberapa waktu lalu telah menyebabkan masyarakat mengungsi ke Pos TNI. Saat ini jumlah masyarakat yang mengungsi di Pos Satgas Pamtas Yonif 403/WP berjumlah 17 orang yang kesemuanya merupakan warga pendatang.

Selama proses evakuasi, aparat TNI mendapatkan gangguan tembakan dari pihak Kelompok Separatis Ngalum Kupel namun hal tersebut bisa diatasi, sehingga evakuasi dapat berjalan dengan aman.

Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan mengatakan bahwa evakuasi yang dilakukan saat ini merupakan keinginan masyarakat itu sendiri untuk keluar sementara waktu dari Distrik Kiwirok sampai keadaan kondusif serta roda pemerintahan berjalan normal kembali.

Pihaknya mengungkapkan kondisi masyarakat yang mengungsi dalam keadaan baik dan untuk memenuhi kebutuhan mereka, TNI akan mengirimkan bantuan bahan makanan dari Jayapura menggunakan hellycopter.

“TNI telah menambah jumlah pasukan di Distrik Kiwirok dalam rangka pemulihan keamanan dan melakukan penindakan terhadap kelompok Ngalum Kupel,” katanya.(Penrem 172/PWY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

61 − 56 =