Pemkab Jayapura libatkan masyarakat adat dalam pengamanan PON

Papuaunik, – Pemerintah Kabupaten Jayapura memastikan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua berjalan aman, lancar dan sukses.

Berbicara soal keamanan penyelenggaraan kegiatan itu tidak terlepas dari keterlibatan masyarakat adat yang telah memberikan jaminan bahwa penyelenggaraan PON akan berjalan dengan aman.

Komitmen ini sebagaimana yang telah diungkapkan oleh sejumlah tokoh adat di Kampung Nolokla Sentani Timur beberapa waktu lalu.

“Mereka (Masyarakat adat) sudah menyampaikan komitmen untuk mendukung dan mengamankan pelaksanaan PON, dan sekarang mereka sudah siap mengamankan PON ini,” ucap Mathius di Jayapura, Rabu (22/09).

Lanjutnya, meskipun di satu sisi tugas pengamanan terhadap Kamtibmas ini merupakan tugas dari TNI dan Polri. Namun tanggung jawab untuk menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat ini sebenarnya menjadi tanggung jawab bersama terutama masyarakat itu sendiri.

Sehubungan dengan penyelenggaraan PON Papua ini, ia mengaku memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat adat, tokoh pemuda, tokoh perempuan, tokoh agama dan seluruh elemen masyarakat yang telah memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan PON Papua.

“Saya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada masyarakat adat dan juga anak-anak muda, yang sudah memberikan kenyamanan dalam rangkaian kegiatan PON papua ini,” ujarnya.

Dia mengatakan, suksesnya persiapan penyelenggaraan PON khususnya di cluster Kabupaten Jayapura ini tidak terlepas dari keterlibatan dan dukungan dari semua pihak. Terutama anak muda yang sudah tergabung dalam tim volunter atau relawan PON papua untuk membantu melancarkan kegiatan ini mulai dari persiapanya, juga sampai pada tahapan pelaksanaanya sekarang. Disisi lain, keterlibatan masyarakat adat juga sangat dibutuhkan, terutama bagaimana mereka meninventarisir upacara penyambutan melalui tarian adat khas Papua untuk memeriahkan penyambutan para tamu PON.

“Ini berarti antusiasme masyarakat untuk menyambut, saudaranya yang datang dari berbagai penjuru nusantara ini, mereka sudah mulai bergerak untuk memberikan yang terbaik. Untuk seluruh masyarakat saya mengucapkan terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya,” ujaranya. (Humas PON).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 3 = 2