PAUD Sadar Lingkungan Recycle Creative Day, kreatif olah sampah

Papuaunik, – Akhir pekan merupakan waktu yang paling tepat dalam membangun relasi antara orang tua dan anak. Oleh karena itu, PAUD Sadar Lingkungan, salah satu program CSR PT Pertamina (Persero) DPPU Pattimura Ambon membuat acara recycle creative day pada Sabtu (18/09) .

Bertempat di Negeri Laha, Ambon Recycle Creative Day merupakan aktivitas diluar ruangan yang melibatkan kreativitas orang tua dan anak dalam membuat kerajinan dari barang-barang bekas berupa sampah plastik, karton, kertas, botol minuman, dirijen, dan lain sebagainya.

Area Manager Communication, Relations & CSR Regional Papua Maluku mengatakan “Kegiatan ini merupakan salah satu kurikulum pembelajaran Anak Usia Dini berbasis lingkungan. Diharapkan orang tua dan anak-anak menjadi sadar akan manfaat lain dari sampah atau barang bekas yang sering di buang dan abaikan selama ini.”

“Ternyata jika diolah dengan sebuah kreatifitas, sampah ini mempunyai daya guna bahkan nilai jual yang tinggi jika mampu mengolahnya dengan baik” ujar Edi.

Kegiatan ini diikuti oleh 28 orang tua siswa beserta 28 anak yang terbagi menjadi dua kelas, kelompok kecil dan kelompok besar. Selama kegiatan ini berlangsung, orang tua dan anak-anak merasa sangat antusias. Mereka saling bekerja sama satu sama lain dalam membuat sebuah kreasi yang akan ditujukan kepada sekolah.

Oleh karena itu, mereka berlomba-lomba untuk membuat kreasi yang sebaik-baiknya.
Kreasi yang dibuat oleh mereka bermacam-macam, ada yang membuat bunga, tempat pensil, pot bunga, dan lain sebagainya.

Bapak Jimmy dengan buah hatinya Kerren, membuat kreasi bunga dalam kegiatan ini.
Ia mengaku cukup senang bisa bergabung dengan kegiatan ini karena bisa menemani anak melakukan aktivitas yang menyenangkan.

“Meskipun hasil kreasi saya dan anaknya saya tidak terlalu bagus, tapi saya dan Kerren senang telah membuatnya”.

Kerja sama orang tua dan anak yang berlangsung selama proses pembuatan kreasi olahan barang bekas, merupakan tindakan yang harus selalu diupayakan ada dalam setiap proses pengasuhan yang mereka lakukan di rumah.

Oleh karena itu, adanya recycle creative day ini, selain menyadarkan mereka untuk dapat bijak mengelola sampah dan memanfaatkannya, kegiatan ini juga dapat meningkatkan kesadaran orang tua dalam membangun hubungan dekat bersama dengan anaknya. Tambah Edi.

Pada masa usia dini ini lah, masa dimana keluarga dan lingkungan menjadi fondasi yang kuat dan dasar untuk pertumbuhan anak di masa yang akan datang.

Harapannya dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat baru bagi pembelajaran Anak Usia Dini sehingga akan terbentuk pribadi anak yang cinta akan lingkungan. Dan hal ini dapat diterapkan juga di kegiatan-kegiatan pembelajaran PAUD di tempat lain.(Humas Pertamina)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

46 − 37 =