Ketum IKA-PMII sebut PON bagian promosi daerah

Papuaunik, – Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar (PB) Ikatan Keluarga Alumni Pegerakan Mahasiswa Islam Indonesia )/(IKA-PMII) Drs Akhmas Muqowam menyebutkan pagelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua merupakan bagian dari promosi daerah.

“Jadi begini, sekali lagi bahwa Iven program yang bersifat nasional yang bersifat internasional bagi suatu daerah itu signifikan sekali, yang secara sederhana adalah promosi daerah,” katanya usai muswil dan pelantikan pengurus IKA-PMII Provinsi Papua di Kota Jayapura, Sabtu (18/09).

Ia mencontohkan promosi daerah itu misalnya souvenir atau merchandise khas yang dimiliki, karena para pengunjung atau wisatawan pasti akan mencari hal itu.

“Tapi bahwa ketika kita lakukan, apa yang dipromosikan tadi misalnya saya seloroh dengan sahabat Rivai Darus, merchandise nya itukan karena orang yang berwisata membutuhkan semacam itu, dan karena itu ketika pemimpin daerah Provinsi Papua mengambil program PON itu berada di Papua, saya kira banyak hal yang sudah dipikirkan dan banyak hal yang bisa memberikan dampak positif di Papua ini,” katanya.

Ketua Umum PB IKA-PMII Drs Akhmas Muqowam (tengah) didampingi Drs Sudarto S, MM selaku Bendahara Umum PB IKA-PMII (kanan) dan M Rivai Darus selalu Wasekjen PB IKA-PMII (kiri)

“Jadi, tidak sekedar kegiatan saja tapi berkaitan dengan velue atau nilai, budaya, harmonisme antar daerah kemudian terciptanya prestasi Papua. Atlet Papua saja, berdasarkan informasi lebih dari 1.000 peserta. Jadi, ini momentum Papua sebagai tuan rumah saya kira diluar Jakarta itu baru ada di Palembang, Kaltim, Riau sekarang Papua. Sehingga harus diapresiasi bahwa saya yakin mempunyai dampak positif bagi Papua kedepan,” sambungnya.

Ditanya soal kontribusi IKA-PMII dalam PON XX Papua agar PON berjalan baik, Akhmas yang didampingi Drs Sudarto S, MM selaku Bendahara Umum PB IKA-PMII dan M Rivai Darus selalu Wasekjen PB IKA-PMII mengatakan bahwa pihaknya ikut membantu sukseskan iven empat tahunan ini.

“Jadi, begini secara umum saya, bahwa tentu by objektif olahraga itu tidak mengenal apapun yah, jadi atlet dari manapun silahkan, jika dari PMII pun silahkan, dari penyelenggaraan libatkan teman-teman didalam mendukung pembangunan dan lain-lain. Kita gak beda dengan masyarakat lain dengan PMII ini tapi bahwa pada hari ini kita masuk dalam muswil, pada dasarnya yang lain sama juga seperti kita disini (dukung),” katanya.

Wasekjen PB IKA-PMII M Rivai Darus

Akhmas kemudian mengatakan bahwa Wasekjen PB IKA-PMII M Rivai Darus akan menjelaskan soal keterlibatan pihaknya untuk mendukung kesuksesan PON XX.

“Yang riil adalah IKA-PMII bersama seluruh kader menjadi relawan dari pada bidang SDM PON itu sendiri. PMII juga tersebar dibeberapa perguruan tinggi dan semuanya menjadi relawan dalam pelaksanaan PON, yang berikut bahwa teman-teman ini memberikan ruangannya di asrama-asrama mahasiswa untuk digunakan para atlet yang datang ke Papua sehingga pemenuhan akomodasi itu bisa terpenuhi, mungkin itu langkah yang riil yang dilakukan oleh IKA-PMII dan PMII,” Rivai yang juga Juru Bicara Gubernur Papua.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 1