IKA-PMII gelar muswil dan pelantikan pengurus Provinsi Papua

Papuaunik, – Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA-PMII) menggelar musyawarah wilayah (muswil) dan pelantikan pengurus untuk masa bakti lima tahun kedepan di Suni Hotel & Convention Abepura, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (18/09) siang hingga malam.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah Papua di antaranya Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal mewakili Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri dan Juru Bicara Gubernur Papua M Rivai Darus yang juga Wasekjen PB IKA-PMII, Ketua Umum PB IKA-PMII Drs Akhmas Muqowam mengatakan bahwa kegiatan tersebut untuk menjawab beberapa kebutuhan organisasi.

“Pertama kebutuahn SDM IKA-PMII, kedua kebutuhan organisasi IKA-PMII dan ketiga menjadi kebutuhan masyarakat di Papua. Karena itu kehadiran IKA-PMII di tanah Papua ini sudah secara detail dinanti, diharapkan dan mampu ikut terlibat dan berpatisipasi didalam pembangunan,” katanya kepada wartawan usai kegiatan.

Kata dia, muswil dan pelantikan pengurus tingkat wilayah itu sudah melakukan komunikasi tidak sekedar melalui surat menyurat tetapi juga diskusi dan dialog untuk memastikan agar terbentuknya IKA-PMII di tanah Papua berjalan baik, cepat dan tepat, tidak menyalahi AD ART.

“Apalagi tadi saat sambutan Pak Gubernur Papua yang diwakili, katakan bahwa didalam pembangunan itu perlu agen-agen pembaharuan, perlu banyak terlibat. Karena itu pada hari ini kami pastikan kehadiran IKA-PMII di Papua ini, agar insyaallah akan mampu berpartisipasi, mampu berperan serta didalam berbagai dinamika persoalan terutama yang ada di Papua ini. Itu harapan kami setelah mendengarkan aspirasi dan apresiasi dari berbagai pihak terutama sahabat-sahabat yang ada dari Papua ini,” katanya.

Suasana muswil IKA-PMII Provinsi Papua

Disinggung sejauh mana kiprah PMII di tanah Papua, Akhmas yang didampingi Drs Sudarto S, MM selaku Bendahara Umum PB IKA-PMII dan M Rivai Darus selalu Wasekjen PB IKA-PMII menjelaskan bahwa kader ataupun para alumni PMII sudah banyak yang terlibat dalam pembangunan di semua lini di tanah Papua.

“IKA-PMII hadir di tanah Papua terlebih partisipasi dalam pembangunan di Papua. Sehingga saya bisa pastikan dan tadi sudah saya katakan bahwa saya bangga ternyata sahabat-sahabat saya dari Papua itu sudah terlibat dalam proses pembangunan di Papua ini. Dan karena itu kedepan bagaimana lebih meningkatkan peran, meningkatkan keterlibatan dalam masyarakat sehingga keberadaan IKA-PMII di Papua ini built in di dalam Papua itu sendiri,” jelasnya.

Terkait muswil dan harapan kepada pengurus yang dilantik, Akmas berpesan agar dapat berjalan dengan baik, dimana konsolidasi organisasi ada kesepahaman sehingga terbangun harmonisasi kepengurusan.

“Jadi, Informasi yang saya dapatkan yang diberikan mandat untuk didalam kepengurusan itu sudah bekerja tiga bulan, tadi saya sudah jelaskan agar tidak salah persepsi dalam bekerja. Sekali lagi bahwa surat mandat itu melibatkan PB dam juga PW, karena itu sudah ada kesepahaman bahwa nanti forum muswil itu menkonsolidir, memastikan putusan yang diambil tim ini disepakati dalam muswil,” katanya.

Sehingga tidak ada lagi perbedaan pendapat, agar tim yang sudah diberikan kepercayaan penuh dan tanggung jawab untuk membentuk kepengurusan itu sudah melakukan komunikasi baik horisontal dan vertikal. “Tentunya yang terbaik,” kata Akmas.

Ketua PW IKA-PMII Provinsi Papua H Kumar S.Ag, SH, MH

Sementara itu, Ketua Tim Muswil I IKA-PMII Haji Kumar S.Ag, SH, MH yang juga terpilih sebagai ketua PW IKA-PMII Provinsi Papua mengemukakan bahwa sesungguhnya kegiatan ini merupakan wadah ikatan alumni dari organisasi PMII.

“Jadi, mereka yang sudah tidak aktif lagi sebagai mahasiswa biasa itu tergabung dalam alumni, Ikatan Alumni PMII. Itu terstruktur mulai dari pusat hingga daerah, untuk ditingkat provinsi strukturnya, namanya pengurus wilayah, untuk cabang itu namanya pengurus cabang,” bebernya.

Sehingga, kata dia, organisasi ini menggelar muswil untuk kepengurusan periode lima tahun sekali. “Nah, terkait dengan tugas organisasi ini maka sesungguhnya karena kita masih situasi COVID-19 maka kita memperingkas ritme kegiatannya, dimana konsolidasi organisasi tetap berjalan, kita rapatkan menjadi satu hari, dari tiga hari kita padatkan menjadi satu hari, sehingga kegiatan ini begitu sesungguhnya tim ini sudah bekerja sebelumnya, sudah ada rapat, sudah ada pemilihan dan segala macamnya,” katanya.

“Jadi, sesungguhnya hari ini muswil itu hanya substansinya, hanya membahas program kerja, konsolidasi, rekomendasi, lalu penetapan struktur yang sudah dibentuk sebelumnya dan akan dilanjutkan dalam pengukuhan pengurus,” sambungnya.

Kumar menjelaskan bahwa ada delapan orang yang menjadi tim formatur yang dibentuk beberapa bulan lalu lewat penentuan pengurus dalam aplikasi rapat zoom meeting virtual, yang disesuaikan dengan kondisi kekinian.

“Jadi, memang pada saat itu dua bulan lalu kita puncak pandemi yah, sehingga tidak bisa lakukan kegiatan tatap muka langsung, sehingga kita bentuk formatur dan pengurus IKA-PMII. Delapan orang itu, di antaranya saya selaku ketuanya dan sekretaris ya sahabat saya, Ahmad Muhajir, bendahara Pak Purnomo,” katanya menyebutkan pengurus inti PW IKA-PMII Provinsi Papua dan Papua Barat.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + = 14