Masyarakat Kabupaten Jayapura diminta harus optimistis sukseskan PON Papua

Papuaunik, – Segenap lapisan masyarakat di Kabupaten Jayapura dan sekitarnya diminta harus optimistis untuk sukseskan PON Papua yang akan diselenggarakan pada 2-15 Oktober mendatang.

Demikian permintaan sekaligus imbauan itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw di Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Kamis (16/09).

Mathius menuturkan, sejak penentuan Papua sebagai tuan rumah penyelenggaraan PON XX, kondisinnya sangat berbeda dengan saat ini. Bahwa Papua belum memiliki fasilitas penunjang yang mumpuni yang tersebar di empat klaster penyelenggara.

“Acara pembukaan dan penutupan akan berlangsung di Staduion Utama Lukas Enembe Kabupaten Jayapura, itu sebabnya semua pihak, masyarakat, tokoh adat, agama, perempuan dan pemuda harus secara bersama-sama mendukung proses pelaksanaan iven Nasional yang mungkin kita semua tidak akan mengetahui kapan terjadi kedua kalinya di Papua,” ucap Mathius di Sentani.

Lanjutnya dengan hadirnya PON XX di Papua, dirinya mengajak bersama-sama meredam semua isu, berita miring yang tersebar diluar sana. Agar Papua ini tetap menjadi tempat yang aman, damai, dan bersahabat bagi siapa saja yang datang kesini, terlebih kusus di kabupaten jayapura.

Katanya, Gebyar PON XX yang berlangsung beberapa waktu lalu itu merupakan wahana informasi dan publikasi secara meluas dengan melibatkan banyak pihak secara langsung di dalam kegiatan gebyar tersebut. Hal ini juga sebagai tanda bahwa klaster Kabupaten Jayapura siap untuk sukseskan pelaksanaan iven empat tahunan tersebut di bumi khena mbai umbai tercinta.

Menurutnya, sukses PON XX bukan hanya prestasi olahraga saja, tetapi juga sukses ekonomi bagi masyarakat lokal sebagai penerima manfaat langsung dari kehadiran pesta olahraga Nasional ini. 33 provinsi dengan ribuan orang yang tergabung didalam tim pendukung, atlit dan official selama dua hingga tiga pekan di Daerah ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

“Pada acara gebyar kemarin ada puluhan tenda yang disediakan bagi 50 pelaku usaha kecil mikro untuk menampilkan apa yang menjadi potensi usaha mereka selama ini. Ada puluhan seniman dan grup tari serta sanggar seni yang terlibat untuk menghibur semua masyrakat yang datang menyaksikan acara gebyar tersebut,” katanya.

Ia menuturkan bahwa, kalu pihaknya sudah siap sukseskan PON XX maka semua orang yang akan terlibat baik secara lansgung maupun tidak langsung wajib untuk mengikuti vaksinasi. Sebagai tuan rumah yang baik, hal ini juga harus perlu tunjukan kepada tamu-tamu yang akan datang.

“ Sukses prestasi, sukses ekonomi dan penyelenggaraan, itu berarti kita semua dalam kondisi yang sehat walafiat untuk mencapai cita-cita yang diharapkan,” harapnya.(dsb/Tinus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 42 = 48