Kirab api PON akan dimulai 2 Oktober 2021

Papuaunik, – Kirab api PON di sub klaster Kabupaten Jayapura dikabarkan akan dimulai pada 2 Oktober 2021. Rute yang akan dilalui dimulai dari Pantai Patouw, Distrik Waibhu dan akan diarakan sampai tiba di pantai Khalkote Distrik Sentani Timur, dengan melalui wilayah danau Sentani, di nagian barat wilayah Waibhu, Sentani bagian tengah dan Sentani Timur.

Koordinator bidang upacara sub PB PON Kabupaten Jayapura, Eqberth C. Kopeuw, M. Pd menjelaskan, sebelum dikirabkan di danau sentani, obor api PON ini terlebih dahulu akan darakkan ke Kota Jayapura mulai 1 Oktober sesaat tiba di bandara Sentani.

“Tiba di Bandara Sentani pada 1 Oktober, jam 8 pagi. Kita disini ketua sub PB PON Kabupaten Jayapura akan menerima, kemudian langsung di arak ke Kota Jayapura. Di Kota Jayapura selama 6 sampai 7 jam itu, akan diiringi dengan kegiatan Festival. Sore harinya pada 1 Oktober akan diserahkan kepada pemerintah Kabupaten Jayapura, tepatnya di batas kota lapangan Telaga Maya, “jelasnya, Jumat (17/09).

Kirab api PON di Sub Klaster Kabupaten Jayapura akan dilaksanakan pada 2 Oktober 2021, dimulai dari Jalan Patouw Toware, Waibu kemudian diarakan melalui danau Sentani.

“Kita akan arakkan melalui jalur danau, di tiga wilayah mulai dari Sentani bagian Barat di distrik waibu, Sentani Tengah dan Sentani Timur,” paparnya.

Arak api PON melalui jalur danau ini boleh dikatakan spesial dan sangat istimewa karena baru pertama kali sepanjang sejarah kirab api PON melalui jalur danau. Karena dari 19 kali PON yang sudah dilaksanakan sebagian besar kirab api PON ini melalui jalur darat.

Kirab api PON ini berbasis budaya, karena itu kirab ini juga akan di warnai dengan upacara tarian isosolo, sebuah tarian khas Papua yang dimiliki oleh warga lokal yang tinggal dikawasan pesisir danau Sentani.

“Karena kirab api PON ini berbasis budaya maka api PON ini akan dibawa dengan menggunakan speed boat kecil yang sudah dirancang oleh panitia. Sehingga dilihat oleh seluruh masyarakat,” jelasnya.

Selain itu ada sekitar 20 spedboat dan kapal pengangkut yang sudah disiapkan oleh panitia untuk mengantar rombongan dan juga masyarakat yang ikut terlibat di dalam kegiatan kirab api PON di danau Sentani itu. Pihak panitia juga belum mengkonfirmasi Apakah kirab api PON ini dihadiri langsung oleh presiden republik Indonesia Joko Widodo.(Tinus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

23 − 14 =