Tim PON Maluku disambut tarian perang di Bandara Sentani

Papuaunik, – Tim PON XX Provinsi Maluku yang tiba di Bandara Udara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, pada Kamis (19/09) siang disambut dengan tarian perang atau perjuangan asal negeri Maluku.

Tarian perjuangan atau yang lebih kenal dengan tarian Cakalele. Tarian yang berasal dari negeri Maluku ini, diperagakan oleh Pemuda Maluku dari Organisasi Pemuda Mosilou Jayapura, untuk menyambut puluhan atlet, pelatih, teknisi, unsur Chief de Mission (CDM) maupun personel pengamanan yang tergabung Kelompok Terbang (kloter) 3, Kontingen Maluku yang akan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021, di Bumi Cenderawasih.

Tim PON Maluku dengan jumlah peserta 33 orang yang terdiri dari atlet tiga cabor, ofisial dan pelatih, tiba di Bandara Udara Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Ketua Umum Ikemal Provinsi Papua, Christian Sohilait, ST, M.Si, mengatakan, penyambutan ini sebagai bentuk dukungan moral terhadap pahlawan olahraga asal Bumi Pattimura, Maluku yang siap berlaga di PON Papua.

“Hari ini yang datang adalah kloter ketiga sebanyak 33 orang. Untuk kontingen Maluku itu berjumlah tujuh kloter. Yakni, kloter pertama kemarin sudah tiba disini, kemudian kloter kedua juga sudah tiba kemarin di Merauke, lalu yang hari ini kloter ketiga tiba disini,” ucap Christian Sohilait saat dikonfirmasi wartawan pada kesempatan tersebut.

Lanjutnya, sementara untuk kloter keempat akan tiba pada 19 September 2021, lalu kloter kelima akan tiba pada 23 September 2021, kloter keenam pada 28 September 2021 dan kloter yang terakhir pada 1 Oktober 2021.

“Sebagai ketua umum Ikemal di Tanah Papua, saya imbau kepada seluruh warga Maluku di tanah Papua untuk memberikan dukungan kepada atlet-atlet kita ini, yang mana sebagai bentuk memberikan semangat kepada atlet kita,” ujarnya.

Ia menjelaskan, mereka datang untuk mengikuti empat belas cabang olahraga yang tersebar di klaster Merauke, yang mana ada dua cabor, kemudian di klaster Timika ada tiga cabor, lalu di klaster Kabupaten Jayapura ada dua cabor dan tujuh cabor lainnya ada di klaster Kota Jayapura.

“Sebelum PB PON dan Sub PB PON mengambil teman-teman kontingen ini, nanti seluruhnya akan tinggal di Ikemal, yakni di Kabupaten Jayapura itu terdapat dua tempat yang kita gunakan untuk tempat menginapnya teman-teman ini, kemudian di Kota Jayapura itu kita bikin tiga tempat yaitu, pos induk di Dok V, tempat penampungan dan satunya lagi di Angkasa,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Christian mengimbau kepada seluruh warga Maluku agar dapat memberikan dukungan dan support terhadap kontingen asal Provinsi Maluku yang akan bertanding di empat belas cabor tersebut.

Sekedar diketahui bahwa, setelah tiba di Bandara Sentani, rombongan atlet, ofisial dan pelatih dari tim cabor Dayung, Muaythai dan Taekwondo Provinsi Maluku diangkut menggunakan bus dan kendaraan pribadi yang telah disiapkan oleh Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura menuju GKI Onomi Felavouw, Kota Sentani, untuk melakukan tatap muka dan makan bersama dengan Ikemal Provinsi Papua.

Selain itu, penyambutan rombongan tersebut dihadiri oleh Ketua Umum Ikemal Pusat di Tanah Papua Christian Sohilait, Waketum II Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura Pdt. Alberth Yoku, S.Th, dan Ketua Ikemal Kabupaten Jayapura Herald J. Berhitu, beserta sejumlah keluarga besar Maluku yang ada di Kabupaten dan Kota Jayapura.(Tinus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

32 + = 36