Warga Mappi dapat pelayanan kesehatan gratis

Papuaunik, – Warga di Kampung Okor, Distrik Haju, Kabupaten Mappi, Papua, pada Senin (13/09) mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari Satgas TMMD Ke-112 Kodim 1707/Merauke.

Demikian keterangan yang disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Arm Reza Nur Patria, S.E., M.Si (Han) di Kota Jayapura, Selesa (14/09).

Kapendam XVII/Cenderawasih menjelaskan bahwa selain memberikan pelayanan kesehatan kepada personel Satgas TMMD, Tim Kesehatan juga memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di lokasi TMMD Kab. Mappi.

“Masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan dari Tim Kesehatan TMMD Ke-112 Kodim 1707/Merauke, baik warga yang memiliki keluhan sakit maupun yang ingin memeriksakan diri, akan dilayani oleh tim kesehatan Satgas TMMD,” jelas Kapendam XVII/Cenderawasih.

“Dengan kegiatan seperti ini, warga bisa memeriksakan kesehatanya secara gratis kepada Tim Kesehatan Satgas TMMD selama berlangsung kegiatan TMMD ke- 112 Kampung Okor Distrik Haju, Kabupaten Mappi,“ tambah Kapendam XVII/Cenderawasih.

Pada kesempatan tersebut, salah satu Personel Kesehatan Pratu M. Syaiful Ishak mengatakan bahwasannya pelayanan kesehatan kepada masyarakat merupakan salah satu kegiatan non fisik dalam Program TMMD Ke-112 Kodim 1707/Merauke.

“Di Kampung Okor belum terdapat fasilitas kesehatan, baik itu Puskesmas maupun Pustu, sehingga masyarakat yang mengalami sakit mendadak dan akan berobat harus menuju Distrik Haju dengan menempuh perjalanan melalui sungai dengan menggunakan perahu dengan jarak yang cukup jauh,” ungkap Syaiful.

“Apabila ada masyarakat yang sakit harus ke Distrik Haju karena disana terdapat Puskesmas dan merupakan fasilitas kesehatan terdekat dari Kampung Okor. Sebenarnya pelayanan kesehatan disetiap Kampung sudah dilakukan oleh petugas kesehatan Puskesmas Haju, namun jadwalkan hanya sebulan sekali,” tambahnya.

Bapak Herman Bakap (74) yang mendapatkan pelayanan kesehatan mengucapkan terimakasih kepada Satgas TMMD yang telah membantu mengobati masyarakat di Kampung Okor tersebut.

“Ini yang saya harapkan, demikian pula harapan warga lainnya kepada TNI. Semoga TNI selalu memberikan pelayanan kepada warga dan Tuhan Memberkati,” ucap bapak Herman.

“Kegiatan pelayanan kesehatan ini, telah membantu meringankan dan mengobati beberapa penyakit yang menjadi keluhan masyarakat setempat di Kampung Okor,” tambahnya.(Pendam XVII/Cenderawasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 3 = 1