KPID: pemberitaan PON harus sesuai rambu-rambu penyiaran

Papuaunik, – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Papua mengingatkan soal pemberitaan  PON XX yang tetap memperhatikan rambu-rambu penyiaran seperti yang diatur dalam UU RI No 32 tahun 2002 tentang Penyiaran.

Demikian hal ini disampaikan oleh Ketua KPID Papua Rusni Christine Abaidata, SH di Kota Jayapura, Jumat (03/09) guna menyambut pagelaran PON XX Papua.

Christin mengatakan tugas KPID mengingatkan hal tersebut karena selaku lembaga yang memiliki otoritas dalam pengawasan terhadap isi atau konten siaran televisi dan radio baik lokal maupun nasional.

Dikatakan, media penyiaran berperan penting dalam memperkukuh integrasi nasional harus menjadi perekat sosial serta diarahkan untuk menjaga dan mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

Media penyiaran termasuk online dan cetak adalah cara yang efektif dan efisien untuk menyampaikan informasi, edukasi serta inspirasi kepada publik atau masyarakat. Informasi yg disiarkan tentunya telah dikemas sedemikian rupa sehingga menarik untuk dipertontonkan.

‘’KPI selaku penegak hukum di bidang penyiaran begitupun KPI Daerah akan tetap melakukan pengawasan,melakukan koordinasi dgn pemerintah, lembaga penyiaran dan masyarakat demi terwujudnya penyiaran yang sehat, edukatif dan berimbang. Karena media penyiaran berperan penting dalam memperkukuh integrasi nasional demikian juga dengan  media cetak maupun online harus menjadi perekat sosial serta diarahkan untuk  menjaga dan mempererat persatuan dan kesatuan bangsa,’’ jelas Christin.

Penyelenggaraan PON XX di Papua kata Christin tinggal menghitung hari, dibutuhkan sinergitas semua komponen untuk menyukseskan ivent nasional empat tahunan tersebut.

Kepada para jurnalis yang meliput selama berlangsung PON XX serta semua pihak yang terlibat dalam kegiatan akbar tersebut diharapkan tetapi mematuhi protocol kesehatan, selalu menjaga jarak rajin mencuci tangan serta tetap memakai masker, karena saat ini masih pandemi COVID-19.

‘’Pelaksanaan PON XX tahun 2021 ini masih dalam masa pandemi COVID-19 sehingga KPID Papua meminta agar semua jurnalis, peserta PON, panitia dan masyarakat tetap mengedepankan protokol kesehatan, gunakan masker, jaga jarak serta  menyiapkan handsanitiser,’’ pesan Christin.(dsb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − 9 =