Jelang verifikasi parpol, Hanura Tolikara gelar muscab

Papuaunik.com – Jelang pelaksanaan tahapan verifikasi Partai Politik (Parpol), Dewan Pimpinan Cabang (DPC) partai Hanura Kabupaten Tolikara menggelar musyawarah cabang (Muscab), yang berlangsung di Hotel @Hom Kota Jayapura, Papua, Jum’at (03/09) siang.

Kegiatan tersebut diberi Thema “Melalui Muscab Kabupaten Tolikara siap membangun konsilidasi menuju menang Pemilu 2024”, yang dibuka secara resmi oleh Sekertaris DPD Partai Hanura Provinsi Papua, Jimmy Hegemur dihadapan seluruh pengurus DPC Hanura Kabupaten Tolikara.

Jimmy Hegemur dalam sambutannya mengatakan, kini seluruh Parpol sedang melakukan tahapan verifikasi, termasuk Partai Hanura. Oleh karena itu melalui kegiatan hari ini, DPC Kabupaten Tolikara diharapkan sudah harus mulai mempersiapkan diri untuk melakukan tahapan verifikasi.

“Tahapan verifikasi yang perlu dilakukan setelah muscab ini adalah membentuk struktur kepengurusan unsur pimpinan berserta anggotanya, hingga sampai kelengkapan di tingkat distrik. Kemudian harus memiliki tempat Sekretariat DPC yang jelas, karena verifikasi faktual akan dilakukan di sekertariat,” ucap Sekertaris DPD Partai Hanura Provinsi Papua, Jimmy Hegemur seusai membuka kegiatan tersebut.

Katanya, tahapan verifikasi kali ini sangat ketat sekali, salah satunya dalam struktur kepengurusan, wanita diminta tiga puluh persen dan pria 70 persen, dan lain sebagainya. Sehingga cukup berat tanggung jawabnya, untuk itu dalam waktu dekat diharapkan Ketua DPC sudah harus bergeser ke Tolikara untuk mempersiapkan diri.

“Kami harap setelah Muscab ini, Ketua DPC suda di daerah untuk siapkan diri, Karena tahapannya cukup berat,” ujarnya.

Jimmy berharap, DPC Tolikara bisa melewati tahapan verifikasi dengan baik. Karena menurutnya pengurus yang baru ini memiliki potensi yang luar biasa untuk terlibat dalam peserta pemilu 2024 mendatang.

“Periode sekarang DPC Tolikara tidak memiliki kursi DPR. Sehingga kami harap Iven politik pada 2024 ini DPC Tolikara harus manfaatkan dengan baik untuk mendapatkan kursi, oleh karena itu tahapan verifikasi ini harus dilakukan dengan baik, supaya pengurus terbaik yang ada pada DPC Tolikara ini bisa mendapatkan peluang yang baik untuk bisat terlibat atau terdaftar dalam peserta pemilu,” paparnya.

Tak lupa Jimmy memberikan apresiasi kepada pengurus DPC terhadap antusiasnya pada kegiatan tersebut. Ia menilai hal ini menunjukkan bahwa ada suatu semangat baru yang baik, sehingga menurutnya 2024 DPC Hanura Kabupaten Tolikara pasti bisa merebut kursi DPR.

Sementara itu, Jhoni Wonda selaku Koordinator Daerah (Korda) Partai Hanura Dapil empat yang terdiri dari Kabupaten Tolikara, Puncak Jaya, dan Puncak Papua itu menjelaskan, maksud dan tujuan daripada kegiatan muscab ini adalah melakukan konsultasi antar pengurus di tingkat DPC dan PAC dalam mengelola tanggung jawab dalam kepengurusan sebelum memasuki tahapan verifikasi.

“Setelah muscab ini, Ketua DPC sudah harus melakukan sosialisasi di tingkat PAC dalam rangka memastikan kepengurusan yang jelas, sekaligus meneruskan informasi terkait tahapan verifikasi. Agar mereka bisa melakukan tanggung jawab sesuai ADR Partai,” paparnya.

Untuk mencapai target, kebersamaan atau kekompakan itu sangat penting sekali. Oleh karena itu dirinya meminta kepada Ketua DPC berserta jajarannya, suda harus mulai rapikan barisan dan mulai bergerak untuk membangun komunikasi yang baik kepada masyarakat dengan penuh hati. Agar bisa merai kepercayaan dari masyarakat.

“Ketua dan jajarannya harus satukan barisan dengan hati nurani yang baik untuk mulai merangkul masyarakat. Agar target-target untuk merebut kursi DPR itu bisa terwujud sesuai harapan, karena sebelumnya sudah ada kepercayaan yang terbangun di tengah masyarakat. Oleh sebab itu setelah Muscab ini diharapkan pengurus yang baru ini bisa membentuk suatu pola yang baru untuk mengejar target, ” ungkapnya.

Ia menghimbau kepada pengurus DPC kabupaten Tolikara, Puncak Jaya, dan Puncak Papua untuk lebih jelih dalam memanfaatkan momen yang ada.

Lanjutnya, Untuk dapil empat baru Tolikara yang duluan melakukan Muscab. Sementara dua diantaranya belum melakukannya karena satu dan lain hal, sehingga dalam waktu dekat dua DPC ini suda harus lakukan Muscab.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Tolikara, Spendi Weya saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, dirinya memberikan apresiasi yang tinggi kepada pengurus DPD yang telah hadir pada kesempatan tersebut untuk memberikan arahan, tugas, dan tanggung jawab kepada pihaknya dalam kesempatan tersebut.

“Tentunya sebagai kader kami akan patuh terhadap tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan kepada kami. Untuk itu setiap arahan dan tugas yang kami terima pada kesempatan ini akan kami lakukan semaksimal mungkin. Karena pesan-pesan ini merupakan bagian daripada visi misi Partai yang harus kami patuhi,” pungkasnya.

Kata Spendi, dalam waktu dekat dirinya akan bergeser ke Tolikara untuk mempersiapkan diri jelang tahapan verifikasi berlaku, dan selain itu dirinya juga akan membangun komunikasi yang baik kepada pengurus PAC maupun masyarakat setempat, yang mana hal itu dilakukan pihaknya sesuai arahan DPD kepada pihaknya.

“Ada beberapa hal-hal yang perlu saya lengkapi, dalam hal ini tempat Sekertariat, membentuk pengurus, dan hal lain yang berkaitan dengan tahapan verifikasi. Agar pada tahapan verifikasi nanti kami sudah siap untuk melewatinya sesuai aturan yang berlaku,” ucap Spendi.

Mantan Sekertaris DPC Partai Hanura Kabupaten Tolikara itu mengaku memang banyak hal yang direncanakan pihaknya. Namun menurutnya yang tentukan itu Tuhan, oleh karena itu semua tanggung jawab yang akan dilakukannya itu, ia serahkan sepenuhnya kepada Tuhan. Agar semuanya itu dapat terjadi sesuai kehendaknya.

“Saya berharap apa yang menjadi tanggung jawab bagi kami ini semoga bisa dapat terlaksana dengan baik, sesuai kehendak yang Maha Kuasa. Agar hal-hal yang menjadi terget kami bisa dapat terwujud sesuai harapan,” harapnya.

Sekedar diketahui bahwa kegiatan tersebut dilakukan pihaknya di Jayapura, dikarenakan saat ini situasi terkait COVID-19 di Kabupaten Tolikara belum begitu membaik. Sehingga pihaknya mendapatkan ijin dari DPD untuk melakukan Muscab di Jayapura.(Tinus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

88 + = 92