Anggaran 1 triliun lebih dari APBN untuk PON dipertanyakan

SENTANI – Dana sebanyak Rp1 triliun lebih yang diperuntukan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) itu belum juga dikucurkan. Oleh sebab itu hal ini menimbulkan banyak pertanyaan dari berbagai kalangan atau lapisan elemen masyarakat Papua, dikarenakan mengingat waktu yang semakin mepet.

Kali ini pertanyaan tersebut datang dari Ketua KNPI Kabupaten Jayapura, Erool Marweri kepada media ini melalui via selulernya di Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Senin (30/08) malam.

Pada kesempatan tersebut, Ketua KNPI Kabupaten Jayapura, Erool Marweri mengatakan, sejauh ini kan anggaran dari APBN ini belum juga turun, sementara waktu pelaksanaan PON sudah semakin dekat atau katakanlah tinggal menghitung beberapa hari saja. Oleh sebab itu hal inilah yang menjadi pertanyaan bahwa apakah anggaran sebesar ini bisa terserap dalam waktu yang tersisa ini.

“Kita kan tahu bahwa sejauh ini masih ada beberapa perhelatan PON yang belum dituntaskan, yang mana dengan harapan dana ini bisa bantu menunjang hal tersebut. Namun di sisa waktu ini dana sebesar itu belum juga disalurkan, sehingga apakah hal ini tidak terkesan buruh-buruh,” ucap Erool Marweri kepada wartawan di Sentani.

Menurutnya, dana sebesar ini tentunya tidak bisa diserap dalam waktu yang semakin sedikit ini. Sehingga alangkah baiknya pengelaran PON ini diundurkan saja, supaya proses penyerapan hingga sampai perlengkapan peralatannya bisa diatur secara baik.

“Menurut kami harus undurkan itu karena proses penganggaran, sampai dengan mobilisasi peralatan itu bisa diatasi dengan baik. Agar pelaksanaan PON ini tidak terkesan buruh-buruh, melainkan ada persiapan yang baik, dan dana ini juga dapat terserap sesuai target atau sasarannya,” ungkapnya.

Erool berharap, hal ini bisa dipikirkan dengan baik oleh pihak terkait. Agar proses persiapan jelang Agenda Nasional ini bisa berjalan maksimal hingga sampai pelaksanaannya, demi menyukseskan PON XX ini.(tinus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

45 − 43 =