NasDem bina pemuda kampung di Kabupaten Jayapura tingkatkan ekonomi

Papuaunik, – DPD Partai NasDem Kabupaten Jayapura, dalam hal ini Bidang UMKM membina pemuda yang ada di kampung-kampung untuk menampilkan kearifan lokal dengan tujuan untuk bangkitkan perekonomian.

Wakil Ketua ll Bidang UMKM Partai NasDem Kabupaten Jayapura, Ibu Uce Puraro kepada wartawan mengatakan, kehadiran pihaknya untuk mendukung kerajinan tangan Pemuda di kampung dalam mengangkat kearifan budaya di mata dunia. Selain itu hasil karya mereka ini bisa menjawab kebutuhan keluarga mereka.

“Jadi, hal ini kami lakukan untuk bagaimana Pemuda di Kampung ini bisa menjadi pelaku dalam kearifan lokalnya melalui kerajinan tangan mereka, tetapi juga melalui ini perekonomian mereka juga bisa bangkit, atau kebutuhan keluarga bisa terpenuhi dari hasil kerajinan tangan mereka,” ucap Wakil Ketua ll Bidang UMKM Partai NasDem Kabupaten Jayapura, Ibu Uce Puraro di Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (30/08) siang.

Katanya, pihaknya akan berupaya untuk bisa menampilkan kerajinan tangan dari pemuda di Kampung tersebut pada penggelaran PON XX Papua.

“PON ini merupakan momen yang sangat baik sekali untuk kita bisa menampilkan kearifan lokal yang ada pada masyarakat adat. Untuk itu kelompok kerajinan tangan ini kami dari Partai Nasdem akan berupaya menampilkan karya tangan mereka pada momen PON ini,” ungkapnya.

Lanjutnya, untuk menampilkan karya anak kampung tersebut, maka dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan kerjasama dengan Bidang Akomodasi Sub PB PON Klaster Kabupaten Jayapura untuk menampilkan karya tersebut di setiap penginapan atau hotel-hotel yang ada di Kabupaten Jayapura.

“Ya, untuk memanfaatkan momen PON ini, maka kami akan lakukan kerjasama dengan bidang Akomodasi, yang mana kami akan minta suatu tempat yang strategis di setiap hotel untuk menampilkan karya kearifan lokal dari anak kampung ini. Agar istiadat masyarakat Kabupaten Jayapura atau Papua dapat terlihat kepada tamu kita dari kearifan lokal ini,” ujarnya.

Ia mengaku, saat ini pihaknya baru memulai dari kampung Tablasupa. Ia menjelaskan pihaknya berencana untuk melakukan koordinasi lagi dengan kampung-kampung yang lain maupun kelompok-kelompok kerajinan tangan yang ada. Agar bersatu padu membangkitkan kearifan lokal tetapi juga perekonomian.

“Tentunya kami sangat memberikan apresiasi yang tinggi kepada pemuda kampung Tablasupa. Karena kami baru lakukan pembinaan tetapi hasil karya tangan mereka yang kami lihat hari ini sangatlah luar biasa, untuk itu dengan adanya hasil ini kami rencanakan akan merangkul beberapa kampung lainnya, maupun kelompok kearifan lokal,” paparnya.

Ditempat yang sama, Bendahara Partai Nasdem Kabupaten Jayapura, Rudi Bukanaung mengatakan, dari hasil yang ada ini pihaknya menilai hasil ini sangat luar biasa, padahal ini baru perdana. Oleh sebab itu Nasdem akan terus mendorong kearifan lokal dari kampung ini untuk bisa lebih maju lagi kedepannya.

Pada pelaksanaan PON ini, Pemerintah telah menargetkan sukses ekonomi. Oleh karena itu menurut Rudi kearifan lokal ini sangatlah perlu didukung, dalam rangka membangkitkan perekonomian dari kampung.

“Ada banyak hal yang kami pikirkan soal hal ini. Namun untuk saat ini kami fokuskan untuk memanfaatkan penggelaran PON dalam menampilkan kearifan lokal yang kita bina ini. Agar melalui momen PON ini perekonomian masyarakat kampung bisa dibangkitkan melalui kehadiran kami,” ungkap Rudi.

Ia mengaku, sejaui ini belum ada dukungan dana dari pihaknya terhadap pemudah kampung Tblasupa. Tetapi kemauan atau semangat dari pemuda ini nampak terlihat dari hasil kerajinan tangan yang ada. Untuk itu Rudi berharap semangat ini bisa terus dipertahankan.

Sementara itu, Salah Satu Tokoh Pemuda Kabupaten Jayapura, Robert Kromsian menilai, langkah yang diambil oleh Partai Nasdem sangat tepat dan baik. Karena selama ini kerajinan tangan anak kampung tidak diberi perhatian dengan baik.

“Kami ucapkan banyak terimakasih dan kami juga memberikan apresiasi karena hal seperti inilah yang kami harapkan selama ini. Untuk itu kami menilai ini langkah tepat yang dilakukan Partai Nasdem,” ungkapnya.

Ketua kelompok kerajinan tangan, kena-nembey (satu hati), Lodiwik serontouw menuturkan, pihaknya mengucapkan banyak terima kasih kepada Partai Nasdem. Karena telah memberikan perhatian serius terhadap kearifan lokal yang ada di kampung.

“Adanya dukungan ini sangat memberikan semangat yang tinggi kepada kami untuk bisa lebih mengembangkan kerajinan tangan kami. Untuk itu kami ucapkan banyak terimakasih kepada Partai Nasdem yang telah melihat kami masyarakat kecil,” harapnya.

Lanjutnya, nama kelompok pihaknya sudah sangatlah jelas, yakni Satu hati. Oleh karena itu dirinya akan menyatukan pemuda di kampung untuk lebih fokus lagi dalam kerajinan tangan.

Ia menyatakan, sekali lagi atas nama pemuda Kampung Tablasupa mengucapkan banyak terimakasih atas dukungan ini. Biarlah Tuhan yang akan membalas semua kebaikan yang dilakukan Partai Nasdem Kabupaten Jayapura.(Tinus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + 2 =