Kapolres Yalimo : akses Jalan Trans Papua dibuka tiga jam

Papuaunik, – Kapolres Yalimo AKBP Hesman S Napitupulu mengatakan akses Jalan Trans Papua, Elelim-Wamena akhirnya dibuka selama tiga jam oleh masyarakat dan massa pendukung paslon nomor 01 Er-Jhon setelah dilakukan rapat koordinasi pemangku kepentingan.

“Setelah rapat koordinasi Forkompimda dan para pihak, akses jalan yang sempat diblokade sejak bulan lalu, akhirnya dibuka,” katanya di Elelim, Kabupaten Yalimo, Papua, Kamis (29/07) siang.

Ia menjelaskan bahwa kendaraan jenis truck sebanyak 135 unit dan jenis double cabin sebanyak 42 unit akhirnya bisa ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya setelah tertahan cukup lama di Elelim dan sekitarnya akibat dampak dari aksi demo warga soal keputusan MK terkait Pilkada Yalimo.

Kata Kapolres, pihaknya terus menerus melakukan pendekatan dengan sejumlah tokoh adat, agama dan masyarakat guna menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif, termasuk bagaimana mengkomunikasikan soal pembukaan blokade jalan trans Papua yang memberikan dampak pada aktivitas ekonomi.

“Jadi, kira-kira sekitar pukul 14.30 WIT dilakukan pembukaan blokade jalan oleh warga dan massa pendukung paslon nomor 01,” katanya.

Namun, kata dia, warga dan massa pendukung kembali menutup akses jalan sekitar pukul 17.00 WIT dan meminta agar aspirasi mereka soal tidak dilakukan PSU dan segera melantik paslon Er-Jhon untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati Yalimo terpilih.

Dalam pembukaan blokade jalan trans Papua itu dihadiri oleh Sekda Yalimo Drs Isak Yando M.Si, Kapolres Yalimo AKBP Hesman S. Napitupulu, Dandim Jayawijaya 1702/Jwy Letkol Inf Arif Budi Situmeang, Ketua DPRD Yalimo Niko Mabel yang juga Ketua Tim Pemenang pasangan nomor urut 01 Erjhon, Elia Yare anggota DPRD Yalimo, Kamende Wandik tokoh masyarakat dan beberapa unsur pemerintah.(dsb/Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

93 − = 87