Gubernur Papua buka STQ ke-XXVI di Kota Jayapura

Papuaunik, – Gubernur Papua Lukas Enembe diwakili Sekda Yance Yulian Flassy secara resmi membuka pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-XXVI yang digelar di kompleks Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Papua di Kotaraja, Kota Jayapura, Sabtu (05/06).

“Selamat mengikuti seleksi kepada peserta STQ, yang terbaik dari masing-masing kabupaten dan kota,” kata Sekda Yance membacakan sambutan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Menurut dia, STQ merupakan salah satu sarana mewujudkan masyarakat yang produktif dan aman dari COVID-19, dan hal itu merupakan upaya dalam meningkatkan kualitas kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara dalam bingkai NKRI.

“Memacu terus masyarakat berproduktif dengan COVID-19, meski dengan keterbatasan terus bisa berkarya. Terutama dalam menjaga toleransi umat manusia, Al Qur’an mengajar dan mengajak manusia untuk bekerjasama dan kebaikan, bukan dalam kejahatan. Al Qur’an mengajarkan nilai-nilai yang luhur, mencintai sesama umat manusia dan jauhui perpecahan umat,” katanya.

Pada momentum itu, umat muslim diajak untuk lebih mengamalkan Al Qur’an dan kepada alim ulama untuk memberikan arahan ataupun wejangan yang lebih santun, apa lagi Papua mempunyai slogan tanah damai, sehingga hal itu perlu selaras dan didukung.

“Saya juga harapkan agar prokes COVID-19 dengan 5M di antaranya gunakan masker, mencuci tangan harus wajib dilakukan agar terhindar dari virus, dengan harapan kegiatan ini tidak menjadi cluster baru. Lantunkanlah suara yang terbaik kepada Allah, merdu sehingga Yang Maha Kuasa terhibur dengan kegiatan ini,” katanya.

“Sehingga, perwakilan STQ asal Papua bisa berprestasi di tingkat nasional yang akan digelar di Ternate, Maluku Utara nanti. Bawalah nama Papua menjadi harum di kancah nasional,” pintanya Gubernur Lukas Enembe sebagaimana sambutan yang dibacakan oleh Sekda Dance.

Sementara itu, Ketua LPTQ Dr. H. Muhammad Musa’ad, M.Si., mengatakan bahwa pelaksanaan STQ ini sangat berbeda dari sebelumnya karena masih dalam suasana COVID-19, sehingga semua peserta dan panitia diwajibkan ikuti protokol kesehatan dengan ketat.

“Tema yang diangkat hari ini adalah, STQ ini dijadikan momentum untuk meningkatkan kualitas hidup wujudkan moderasi Islam. Ada dua kalimat yang utama yakni kualitas hidup dan moderasi Islam, ini yang menjadi acuan pelaksanaan STQ,” katanya.

Adapun lomba dalam STQ ke-XXVI yakni Tilawah Qur’an Golongan Anak dan Golongan Dewasa, Cabang Hifdzil Qur’an 1 juz dan tilawah, 5 juz dan tilawah, 10 juz, 20 juz, 30 juz, seluruhnya untuk putra dan putri.

Dengan peserta berjumlah 123 orang, dari 19 kafilah yang berasal dari Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Merauke, Kabupaten Biak, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kabupaten Waropen, Kabupaten Nabire, Kabupaten Mappi, Kabupaten Asmat, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Supiori, Kabupaten Mimika, Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Tolikara, dan Kabupaten Deiyai,l.

STQ kali ini ada peningkatan jumlah kafilah dibanding penyelenggaraan sebelumnya yang diikuti 17 kafilah.

Pembukaan STQ yang digelar 5 hingga 10 Juni 2021 itu, nampak hadir para tamu undangan di antaranya Ketua MUI Provinsi Papua Ust Saiful Islam Al Payage, perwakilan Polda Papua, Kodam XVII/Cenderawasih, Lantamal X Jayapura, Lanud Silas Papare dan para tokoh agama.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 − = 5