Pelaksanaan STQ Papua perhatikan prokes COVID-19

Papuaunik, – Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XXVI Tingkat Provinsi Papua digelar di kompleks Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Papua di Kotaraja, Kota Jayapura 5-10 Juni 2021 tetap perhatikan protokol kesehatan (Prokes) COVID-19.

Ketua LPTQ Dr. H. Muhammad Musa’ad, M.Si., menegaskan bahwa penyelenggaraan STQ memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemik COVID-19.

“Dalam suasana COVID-19, STQ 2021 tentu berbeda pelaksanaannya dengan tahun-tahun sebelumnya, penegakan prokes menjadi perhatian semua pihak,” tegasnya di Kota Jayapura, Jumat (04/06).

Iapun mengajak masyarakat berdoa agar pandemik COVID-19 ini segera berakhir, “Saya selaku Ketua LPTQ Provinsi Papua, menghimbau umat muslim di seluruh Tanah Papua untuk dapat mengikuti penyelenggaraan STQ ini melalui media cetak maupun elektronik, dan media sosial,” demikian himbauan Ketua LPTQ yang sekaligus merupakan Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Papua ini.

Ia mengajak masyarakat mendoakan agar STQ berlangsung lancar menghasilkan qori-qoriah, hafidz-hafidzah yang berkualitas untuk mewakili Provinsi Papua pada ajang STQ Nasional di Kota Ternate pada bulan Oktober 2021.

Musa’ad juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada umat non muslim untuk turut menjaga kelancaran penyelenggaraan STQ ini.

Koordinator Seksi Pendaftaran dan Musabaqoh STQ XXVI Drs. H. Alwi Tianlean, MM., menjelaskan cabang lomba yang dipertandingkan kali ini adalah Tilawah Qur’an Golongan Anak dan Golongan Dewasa, Cabang Hifdzil Qur’an 1 juz dan tilawah, 5 juz dan tilawah, 10 juz, 20 juz, 30 juz, seluruhnya untuk putra dan putri.

“Peserta berjumlah 123 orang, dari 19 kafilah yang berasal dari Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Merauke, Kabupaten Biak, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kabupaten Waropen, Kabupaten Nabire, Kabupaten Mappi, Kabupaten Asmat, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Supiori, Kabupaten Mimika, Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Tolikara, dan Kabupaten Deiyai,” rincinya.

Diimbuhkan Alwi, ada peningkatan jumlah kafilah dibanding penyelenggaraan STQ sebelumnya yang diikuti 17 kafilah.

Ketua Panitia Dr. Karsudi mengatakan tema STQ kali ini adalah “STQ XXVI Tingkat Provinsi Papua Tahun 1442 H/2021 M, Momentum Peningkatan Kualitas Hidup Generasi Qur’ani, Wujudkan Moderasi Islam di Tanah Papua.” (Seksi Publikasi dan Dokumentasi STQ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − 9 =