Cara komunitas sepeda KO’GAS peringati harlah Pancasila

Papuaunik, – Guna memperingati hari lahirnya (Harlah) Pancasila 1 Juni 1945, Komunitas Gowes (KO’GAS) Jayapura melakukan gowes bersama dari ruko PT. Cycloop Rizqiana Jaya Hawai Sentani menuju Gunung Bakso Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (01/06) pagi.

Sebanyak 37 goweser mengikuti kegiatan ini yang berjarak tempuh pergi dan pulang sejauh 39 kilometer. Namun, sebelum ke Gunung Bakso para goweser KO’GAS mampir ke GOR Toware, Bukit Teletabis.

Para goweser ini meyakini Pancasila sudah seharusnya senantiasa menjadi sumber nilai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Pancasila menjadi ikatan yang menguatkan dalam memenangkan setiap ujian kehidupan. Pancasila menjadi inspirasi dan landasan dalam berpikir, bersikap dan bertindak, dulu, kini dan seterusnya dalam negara kita,”ujar AKBP Paul Isak Saukoly penasehat KO’GAS.

Sementar itu, Ketua Umum KOGAS, Vanwi Subiyat mengemukakan bahwa komunitas tersebut lebih mengutamakan kebhinekaan guna merangkul pehobi sepeda.

“Sebagai komunitas sepeda yang tidak membedakan jenis sepeda dengan motto keberagaman dalam kebersamaan, KO’GAS telah melakukan hal-hal prinsip dari Pancasila,” ujarnya.

Diketahui tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila pada 2016 lalu. Saat itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikannya pada peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945, di Gedung Merdeka, Bandung.

Hari Lahir Pancasila juga diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 Presiden Joko Widodo (Jokowi). Setiap tanggal 1 Juni kemudian ditetapkan sebagai hari libur nasional.(dsb/Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 23 = 29