Polisi gagalkan penyelundupan 175 Kg Vanili ilegal di perbatasan RI-PNG

Papuaunik, – Aparat Polsubsektor Skouw berhasil menggagalkan penyelundupan 175 Kg vinili ilegal atau tanpa dokumen dari Papua New Guinea (PNG) ke Kota Jayapura, Provinsi Papua, pada Minggu (25/04) pagi sekitar pukul 05.00 WIT.

“TKPnya disekitar Pos Siskamling Kampung Louncing Skouw perbatasan Distrik Muara Tami, kami berhasil menggagalkan 12 Koli vanili ilegal yang hendak masuk ke Kota Jayapura,” kata Kapolsubsektor Skouw Perbatasan RI-PNG Iptu Kasrun, SH saat dikonfirmasi, Minggu siang.

Ia juga membenarkan bahwa pihaknya telah mengamankan seorang pria berinisial KW (42) saat mengangkut vanili seberat 175,2 Kg tersebut.

Iptu Kasrun mengemukakan berawal saat personilnya, Bripka Samsul Passali melakukan monitoring situasi Kamtibmas di Pos Kamling Kampung Louncing Skouw Perbatasan.

“Kemudian sekitar pukul 05.00 WIT pagi dini hari, terlihat satu unit mobil toyota fortuner warna putih dengan nomor polisi PA 1096 AW memasuki kampung untuk mengangkut vanili,” ungkapnya.

Lanjutnya, ketika hendak keluar dari Kampung Louncing menuju arah Jayapura hendak dihentikan oleh Bripka Samsul namun laju kendaraan dipacu dengan kecepatan tinggi sehingga mobil tidak dihentikan.

“Bripka Samsul langsung melakukan pengejaran dan mobil tersebut akhirnya dapat dihentikan sekitar 3 kilometer dari Pos Kamling Kampung Louncing, selanjutnya pelaku bersama barang bukti dibawa ke Polsubsektor Skouw-Wutung untuk diamankan dan dilakukan pemeriksaan awal,” ujarnya.

Ia menambahkan, kini KW bersama barang bukti vanili ilegal yang dibawanya tersebut telah diserahkan ke Mapolsek Muara Tami untuk ditindaklanjuti sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.(Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 32 = 41