Kabid Humas Polda Papua ingatkan jamaah Masjid Baiturahim jaga toleransi

Papuaunik, – Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs Ahmad Musthofa Kamal SH mengingat kepada jamaag di Masjid Baiturahim, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta toleransi beragama.

Demikian disampaikannya saat menjadi penceramah dengan tema “Jaga Persatuan Dan Toleransi Dalam Beragama” di Masjid Baiturahim, Kota Jayapura, Kamis (22/04).

“Pertama-tama kita patut mengucap syukur kepada Allah SWT karena di bulan Suci Ramhadan ini kita masih bisa di pertemukan di tempat ini untuk bersama-sama melaksanakan shalat berjamaah walaupun sampai saat ini penyebaran COVID-19 di wilayah Kota Jayapura masih positif meningkat,” katanya.

Pada bulan suci Ramadhan ini, kata dia, terdapat beberapa peristiwa yang penting, salah satunya adalah diwajibkan puasa di bulan Ramadhan, juga disunahkan untuk melaksanakan Qiyamullail yang disebut dengan Sholat Tarawih dan Witir di bulan Ramadhan.

“Karena kita sebagai seorang muslim harus selalu memperkuat imam agar kita semua terjaga dari segala Fitnah dan hasutan. Serta selalu saling membantu dan menolong kepada saudara kita yang terkena musibah karena di bulan Ramadhan inilah kesempatan untuk berbuat kebaikan,” ujarnya.

Sementara itu, lanjut dia, silaturahmi dan kebersamaan harus dikuatkan, disatu sisi sebagai masyarakat Indonesia yang memiliki dasar Pancasila, yakni meskipun berbeda agama, suku dan bahasa, harus dipedomani dan ditanamkan rasa persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Maka dari itu dalam sebuah negara harus ditanamkan rasa kebersamaan. Kedepan masih banyak yang perlu diwaspadai bersama, terutama anak cucu yang harus diselamatkan dari segala ancaman yang akan merusak tatanan hidup bangsa kita kedepan. Yang mana anak-anak harus dibekali dengan ajaran agama yang benar dan ilmu pengetahuan yang baik, sehingga kedepan mereka menjadi seorang ilmuan yang memiliki iman yang tangguh (muttaqin),” katanya.

Tak hanya itu saja, kata dia, Kepolisian setempat agar selalu memantau perkembangan Kamtibmas, serta ancaman yang terjadi, salah satunya melalui media sosial. “Sehingga dapat diambil langkah-langkah pencegahan yang baik, apabila situasi keamanan tidak kondusif. Harapan masyarakat khususnya di Papua dapat melakukan aktifitas dengan nyaman dan aman,” katanya.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

96 − 86 =