PON di Mimika jadi tolak ukur pemekaran Papua Tengah

Papuaunik, – Jika PON di klaster Kabupaten Mimika sukses terselenggara, maka hal itu bisa menjadi salah satu tolak ukur untuk menjadi ibu Kota Provinsi Papua Tengah, yang tentunya sektor keamanan dan lain sebagainya dinilai terjamin.

Demikian hal itu diutarakan langsung oleh orang nomor satu di Kabupaten Mimika, sebut saja Eltinus Omaleng ketika dikonfirmasi wartawan di Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Jadi PON ini merupakan tolak ukur bahwa, kalau sukses maka Provinsi Papua Tengah akan jadi, dan tentunya ibu kotanya di Mimika. Oleh karena itu momen ini akan kami sukseskan dengan baik,” ucap Eltinus Omaleng.

Dengan hal ini, katanya sudah pasti keamanan di Kabupaten Mimika dijamin tetap aman dari gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) selama penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua.

“Kalau mau bicara tentang keamanan di empat klaster PON XX itu saya rasa klaster Kabupaten Mimika terlalu aman. Kalau mau bilang ada kelompok-kelompok KKB itu bisa ditangani,” ujarnya.

Ia menegaskan, semua kekuatan negara dalam hal ini TNI-Polri ada di Kabupaten Mimika, apalagi di kawasan Freeport dan di kota Timika itu ada Satgas Amole, sehingga itu menjadi garansi keamanan untuk penyelenggaraan PON XX.

“Saya juga minta kepada masyarakat Mimika, untuk menjaga keamanan agar penyelenggaraan PON XX ini dapat berjalan sukses, dan saya juga sudah sampaikan kepada PB PON dan masyarakat Timika dalam rapat, jika PON di klaster Kabupaten Mimika sukses selenggarakan PON itu salah satu tolak ukur untuk menjadi ibukota Provinsi Papua Tengah, jadi itu tolak ukurnya. Kalau itu sukses maka Provinsi Papua Tengah akan jadi,” pintanya sekaligus menegaskan.

Ia mengaku bahwa, sebelumnya Gubernur Papua, Lukas Enembe meminta kepada kepala daerah yang wilayahnya masuk dalam klaster penyelenggara PON XX agar memastikan keamanan wilayahnya. Oleh karena itu, Omaleng berharap masyarakat Mimika bisa berkontribusi dalam menjaga situasi tetap kondusif.(Tinus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 4 = 4