Pelaku penembak guru di Beoga dari kelompok Sabinus Waker

Papuaunik, – Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri SIK memperkirakan pelaku penembak guru di Beoga, Kabupaten Puncak merupakan kelompok Sabinus Waker yang sedang menuju ke Ilaga atas undangan Legakak Telenggen.

“Dalam menuju ke Ilaga mereka melakukan penembakan terhadap seorang guru,” katanya di Kota Jayapura, Rabu.

Menurut dia, kelompok Sabinus Waker terbilang cukup sadis karena menembak seorang guru yang mengabdi untuk membantu pengembangan SDM di Kabupaten Puncak.

“Begitu teganya kelompok ini melakukan penembakan terhadap guru yang kita lindungi dan kita jaga karena merekalah yang mencerdaskan Sumber Daya Manusia Papua,” katanya.

Terkait aksi itu, mantan Wakapolda Papua dan Papua Barat itu mengutuk keras tindakan yang dinilai tidak berperikemanusiaan itu.

“Saya selaku Kapolda mengutuk keras tindakan ini dan kami akan mengambil langkah-langkah penegakkan hukum terhadap pelaku-pelakunya,” katanya.

Hingga kini, kata dia, situasi di Kabupaten Puncak masih bisa dikendalikan oleh personil Polres Puncak karena dibantu oleh seluruh lapisan masyarakat seperti tokoh agama dan tokoh gereja.

“Aparat yang berada disana akan melakukan pendekatan persuasif, kami akan menyusun kekuatan untuk naik ke Ilaga guna melakukan penindakan dan mudah-mudahan ini dapat selesai. Saya berharap ada intervensi dari kepala daerah guna menyelesaikan permasalahan ini sehingga yang bukan masyarakat Ilaga bisa dikeluarkan dari daerah tersebut,” katanya.

Seorang guru di Kampung Julukoma, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, pada Kamis pagi sekitar pukul 09.30 WIT ditembak mati oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB).

“Di Kampung Julukoma, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak telah terjadi penembakan yang dilakukan oleh KKB terhadap masyarakat sipil mengakibatkan korban atas nama Oktovianus Rayo (42) meninggal dunia,” kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri di Kota Jayapura.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 + 9 =