Alumni Jatim berbagi kasih di Kampung Bukisi dan ibadah paskah

Papuaunik, – Keluarga besar Ikatan Alumni Jawa Timur di tanah Papua melaksanakan bakti sosial dengan tema berbagi kasih berupa pemberian bantuan sembako, pengobatan gratis, serta hiburan bagi anak-anak di Kampung Bukisi, Distrik Demta, Kabupaten Jayapura, pada Sabtu hingga Minggu, 3 dan 4 April 2021.

Selain itu, alumni Jatim juga menggelar ibadah Paskah bersama dengan warga yang tinggal di pesisir lautan Pasifik, dimana lokasi Kampung Bukisi terletak di pinggiran pantai Distrik Yokari yang mempunyai pemandangan alam sungguh mempesona.

Untuk sampai ke kampung ini, alumni Jatim menempuh perjalanan darat sekitar empat jam dari Sentani, ibu kota Kabupaten Jayapura dengan kondisi jalan yang kurang baik, serta medan yang sulit, membuat rombongan cukup terpacu adrenalin ketika menaiki tanjakan dan turunan.

Pantauan di lapangan, warga di kampung ini, masih belum tersentuh pembangunan dengan baik. Mereka masih menggunakan tenaga listrik solar sel, sementara untuk jaringan telekomunikasi tidak ada sama sekali. Jadi, ketika sampai di kampung ini,tentunya sejenak bisa melepas rutinitas dari gawai atau telepon genggam.

Jika saja saat itu, kondisi alam sedang bersahabat, mungkin akan disuguhi dengan pemandangan alam yang tak kalah jauh dari Raja Ampat, butiran pasir yang halus, serta pantai yang membuat mata tak bosan memandang. Namun sayang, karena hujan yang terus membasahi terjadi dalam sepekan terakhir, membuat laut menjadi kotor dan tak elok dipandang mata.

Ikatan Alumi Jawa Timur adalah organisasi yang terdiri dari anak Papua yang dulunya berkuliah di Jawa Timur dan kini kembali dan bertugas atau bekerja di Papua. Organisasi ini dibina oleh Kaka Besar, Komjen Pol Paulus Waterpauw yang kini menjabat sebagai Kabaintelkam Polri, dengan ketua Yohanes Momot.

Ikatan Alumni Jatim dan personel Polres Jayapura berpose bersama dengan anak-anak di Kampung Bukisi, Distrik Demta, Kabupaten Jayapura, Papua

Kegiatan berbagi kasih di Kampung Bukisi oleh Ikatan Alumni Jawa Timur tidak sendiri, namun bekerjasama dengan Polres Jayapura, yang dihadiri langsung oleh Kapolres AKBP Dr Vickor Dean Mackbon dan jajarannya.

Mengawali semua kegiatan di Kampung Bukisi, Pendeta Robert Nerotumilena memimpin dalam doa sekaligus ibadah Paskah bersama. Usai itu, Ikatan Alumni Jatim menggelar pengobatan gratis dan juga memberikan sembako kepada warga dan tak lupa memberikan himbauan kamtibmas.

Ketua Alumni Jatim di tanah Papua, Yohanes Mamot, mengatakan kegiatan berbagi kasih sudah dilakukan sejak awal tahun 2021 seperti di Kabupaten Keerom, dan kampung Bukisi menjadi daerah selanjutnya, dan hal ini terlaksana sesuai kehendak Tuhan.

“Ini bukan sebuah kesempatan kita ada dan melakukan bakti sosial di sini tetapi memang Tuhan sudah atur sehingga kita bisa ada bersama-sama dalam kegiatan disini,” katanya.

Momot juga menyampaikan, terselengaranya kegiatan ini tak lepas dari perhatian dewan pimbina, Kaka besar, Komjen Pol Paulus Waterpauw, yang selama ini begitu konsen dan perhatian tehadap Papua, khususnya warga dan anak-anak Papua yang membutuhkan perhatian.

“Kita punya dewan Pembina, Kaka besar Bapak Komjen Paulus Waterpauw, yang saat ini di Mabes Polri, ini semua juga tidak terlepas dari perhatian beliau, agar kami terus membantu masyarakat, sehingga masyarakat dapat terbantu dengan kehadiran kita,” ungkap Momot.

Pengobatan gratis oleh Ikatan Alumni Jatim di Kampung Bukisi

Sementara itu, Ketua Dewan Adat kampung Bukisi, Daud Yarona menuturan jika momen seperti ini, menunjukan kepedulian dari pemimpin yang telah mengunjungi warga Kampung Bukisi. Ia memberikan apresiasi kepada Ikatan Alumni Jatim atas kepedulia mereka.

“Kunjungan seperti ini yang kita nanti-nantikan. Tapi luar biasa kami sampaikan ada kepedulian dari anak-anak negeri untuk membuang waktu lewat perayaan Paskah alumni Jatim bisa datang ke Kampung ini,” ujar Daud.

Sementara, Kepala Kampung Bukisi Hendrik Depometouw mengatakan, pengobatan gratis yang dilaksanakan merupakan kegiatan yang pertama kali dalam rangka perayaan Paskah.

“Ini merupakan momen yang besar, kita mewujudkan dengan kasih dan perbuatan itu nyata di saat ini,” kata Hendrik.

Sedangkan, Kapolres Jayapura, AKBP Victor Mackbon meminta kepada warga Kampung Bukisi agar tetap menjaga keamanan dan tidak terpengaruh dengan isu perpecahan ataupun informasi hoax. “Kami sangat berharap agar kerja sama antara masyarakat dan TNI-Polri serta pemerintah daerah terus dijaga,” ujarnya.(Abe/Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 5