Warga Puncak Jaya demo ke DPRD setempat

Papuaunik, – Warga yang tergabung dalam Forum Peduli Kabupaten Puncak Jaya menggelar aksi demo di halaman Kantor DPRD Kabupaten Puncak Jaya di Jalan Andreas Coem, Distrik Pagaleme, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Kamis pagi.

Berdasarkan data yang dihimpun, aksi spontanitas itu diterima oleh Ketua DPRD Kabupaten Puncak Jaya Zakarias Telenggen, S.IP, Wakil Ketua I Wakil Miren Kogoya S.I.Kom, Ketua II Yoranius Wonda, Ketua Komisi B Mendi Wonorengga, dan anggota Komisi A Neskon Yoman serta anggota DPRD Kabupaten Puncak Jaya lainnya.

Disamping itu, aks ini mendapat pengawalan ketat dari personil Polres Puncak Jaya yang dipimpin langsung oleh AKBP Drs Mikael Suradal, MM selaku Kapolres Puncak Jaya didampingi Kasat Intelkam AKP Indra Makmur, Kasat Sabhara Iptu Tonce Wakarmamu dan Ipda Ibar Salurapa selaku Kasubbag Dal Ops Polres Puncak Jaya.

Irianto Wonda selaku koordinator aksi meminta kepada pimpinan DPRD Kabupaten Puncak Jaya untuk menghadirkan Bekiles Kogoya alias Soni Geley yang merupakan anggota Komisi C DPRD Kabupaten Puncak Jaya yang dinilai jarang bertugas sebagai wakil rakyat.

“Kami memohon dihadirkan Bekiles Kogoya alias Soni Geley, sehingga kami dapat berbicara langsung mengenai permasalahan kepala kampung. Kami meminta kepada pihak keamanan atau kepolisian untuk menangkap oknum-oknum yang mengganggu jalannya pemerintahan di Puncak Jaya,” katanya

Dalam tuntutan itu, Irianto juga mendesak agar DPRD memproses ketidakhadiran Bekiles Kogoya yang merupakan anggota dewan dan diduga ikut memprovokasi masyarakat soal kasus penyelewenagan dana desa tahun anggaran 2019.

“Apabila Bekiles Kogoya alias Soni Geley tidak di tangkap dan tidak menjelaskan hal tersebut kepada kami, maka kami akan melaksanakan aksi yang dapat menganggu situasi Kamtibmas di wilayah Puncak Jaya,” demikian nada ancaman yang disampaikan dalam aksi demo tersebut.

Menanggapi hal itu, Zakarias Telenggen mengaku akan menampung semua aspirasi dari para pendemo.

“Kami akan menbicarakan kepada seluruh anggota dewan yang ada, selanjutnya kami akan mengklarifikasi dan melaporkan hasilnya. Kami juga akan bertemu dengan Kapolres Puncak Jaya soal ini,” kata Zakarias.

Pada momentum, itu AKBP Drs Mikael Suradal, MM meminta agar semua pihak bersama-sama aparat keamanan menjaga dan turut serta menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

“Polisi bekerja sesuai SOP, kami juga akan proses suatu masalah bila didukung dengan alat bukti yang kuat dan kalau itu oknumnya anggota DPR maka sepenuhnya tanggung jawab DPRD,” katanya dihadapan massa pendemo. Usai menyampaikan aspirasi, massa pendemo kurang lebih 200 orang itu langsung membubarkan diri dengan tertib.(dsb/Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 3