Kapolda Papua sebut sukses penyelenggaraan PON tergantung tuan rumah

Papuaunik, – Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri SIK menyebutkan kesukseskan ataupun keberhasilan penyelenggaraan PON XX tahun 2021 di Bumi Cenderawasih tergantung dari kesiapan sebagai tuan rumah.

Demikian pernyataan ini disampaikan oleh orang nomor satu di jajaran Polda Papua ketika memimpin rapat Gugus Tugas membahas perkembangan COVID-19 Provinsi Papua di Swissbell Hotel, Kota Jayapura, Rabu.

“Keberhasilan penyelenggaraan PON di Papua ini tergantung kita sendiri. Mari bersama-sama kita mensukseskan PON di Papua ini sebagai bukti bahwa Papua juga bisa mensukseskan iven yang besar,” katanya.

Rapat ini juga dihadiri oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol Dr Rudi Eko Sudarto SIK, Msi, PJU Polda Papua, Kasatpol PP Provinsi Papua Welliam R Manderi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Khairul Lie SKM, M.Kes dan Asops Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Surya Wibawa Suparman.

“Saya harap kita dapat saling sharing sehingga nanti kita dapat mengambil langkah bersama dalam mensukseskan PON XX tahun 2021 di tanah Papua dimana waktu pelaksanaanya sudah dekat,” pintanya.

“Saya minta kita mempunyai kemauan untuk mengedukasikan kepada masyarakat, kita pun akan mensosialisasikan di Kabupaten Merauke untuk kegiatan yang sama begitupun di Kabupaten Mimika. Saat ini kita sudah melakukan pemetaan untuk tempat tinggal para atlit, sebagai penanggungjawab keamanan, kita juga harus membantu penyelenggaraan PON agar bisa sukses sehingga perlunya soft dengan saling bersinergi,” sambung Irjen Pol Mathius.

Sementara itu. Ketua Gusus Tugas Provinsi Papua yang juga Kepala Satpol PP dalam sambutannya mengatakan, dalam situasi seperti ini diperlukannya percepatan langkah dalam memutus mata rantai COVID–19.

“Dari data perkembangan penanganan COVID-19 di Provinsi Papua saat ini terkonfirmasi 20.056 diantaranya 17.894 sembuh, 1.388 rawat dan 384 meninggal yang didominasi oleh kalangan usia produktif,” katanya.

Perkembangan COVID-19 di Papua terdapat dibeberapa wilayah yang sudah ditandai seperti daerah zona merah yakni Kota Jayapura sedangkan zona hijau meliputi Mamberamo Raya, Waropen, Lanny Jaya, Yahukimo serta zona putih di Deyai, Nduga dan Yalimo.

“Disiplin masyarakat menjadi kunci utama untuk bagaimana menerapkan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Penanganan vaksin ini penting sekali sehingga kita di Provinsi Papua tidak kalah dari daerah yang lain,” kata Manderi.

Sedangkan, Wakapolda Papua dalam sambutannya mengaku telah melaksanakan anev selevel Mabes Polri. “Esensinya kita cukup rendah dimana wilayah kita yang terjangkau ternyata belum masksimal,” katanya.

“Mari ini menjadi pekerjaan bersama yang mana TNI-Polri telah memberikan contoh yang baik dalam vaksinasi.

Saya selaku pribadi, mengajak seluruh tamu yang hadir untuk membantu kami mensosialisasikan terkait pentingnya mematuhi protokol kesehatan, dikarenakan sampai dengan saat ini kita masih berada dalam pandemi COVID-19,” ajaknya.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

42 − 35 =