Empat pentolan KKB pimpinan Joni Botak ditangkap

Papuaunik, – Empat pentolan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kalikopi Mimika pimpinan Jhoni Botak berhasil ditangkap personel gabungan Polri dan TNI.

Keempat pentolan itu adalh Eno Kulla (18), Ter Jangkup (23), Tinus Jangkup (17) dan Jerinus Jangkup (23) ditangkap disekitaran Jembatan Nugure, Jalan TransPapua (Timika-Nabire) pada Sabtu (13/08).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH di Kota Jayapura, Rabu mengatakan dari hasil pemeriksaan awal terhadap keempat orang tersebut di ketahui salah satunya yakni atas nama Ter Jangkup alias TER merupakan salah satu pelaku penembakan Mobil PJJ Brimob dan Bus Iveco milik PT. Freeport di Utikini Lama, Distrik Tembagapura yang terjadi tanggal 08 Maret 2020.

“Hal ini sesuai dengan Laporan Polisi Nomor : LP/136/III/2021/Papua/Polres Mimika, tanggal 13 Maret 2021,” katanya.

Selain itu, ungkap dia, dari pengecekan handphone milik Ter Jangkup alias TER diperoleh foto-foto saat akan melakukan aksi penembakan.

“Terkait kasus ini, aparat Polri dan yang ada di Timika tidak akan berhenti sampai di sini, kita sudah ketahui bahwa banyak rencana-rencana KKB yang sementara di pimpin oleh Jonni Botak yang meminta bantuan bahan makanan atau bama. Kita berusaha tidak ada bama yang masuk untuk membantu kelompok tersebut,” katanya.

“Kita berharap adanya informasi-informasi dari masyarakat yang mendukung Polri dan TNI dalam menjaga situasi keamanan wilayah hukum Polres Mimika dan Provinsi Papua pada umumnya tertutama terkait dengan adanya gangguan dari KKB,” sambungnya.

Berdasarkan data yang diperoleh kronologis penangkapan terjadi pada Sabtu (13/03) yang menindak lanjuti Laporan Hasil Penyelidikan (LHP) terkait kasus penembakan Mobil PJJ Brimob dan Bus Iveco milik PT Freeport tanggal 08 Maret 2020, dimana diketahui bahwa salah satu pelaku penembakan telah berada di Kota Timika.

Lalu, lanjut Kamal, dari hasil informasi yang di himpun dari lapangan bahwa diketahui salah satu pelaku berada di Jalan TransPapua (Timika – Nabire).

“Saat Tim melakukan penyelidikan disekitar Jembatan Nugure Jalan Trans Papua (Timika – Nabire), tim mencurigai mobil Avanza Putih dengan Nomor Polisi PA 1629 MM yang melaju kencang mengarah ke PT PAL,” katanya.

Selanjutnya, Tim melakukan pembuntutan dan berhasil mencegat kendaraan tersebut, dimana dalam kendaraan terdapat empat orang.

“Dari hasil pemeriksaan awal diketahui bahwa salah satu yang diamankan, dicurigai adalah pelaku penembakan Mobil PJJ Brimob dan Bus Iveco PT. Freeport sehinga Tim membawa ke Polres Mimiika guna pemeriksaan lebih lanjut. Dan saat ini keempat orang tersebut telah diamankan di Mapolres Mimika untuk pemeriksaan lebih lanjut,” tambahnya.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

72 + = 82