Wali Kota Jayapura launching layanan e-KTP di Distrik Muara Tami

Papuaunik – Wali Kota Benhur Tomi Mano secara resmi melaunching layanan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) di Kantor Distrik Muara Tami, Selasa (9/3/2021).

Layanan e-KTP pertamakalinya di wilayah itu guna mempermudah masyarakat yang bermukim di perbatasan Indonesia – Papua Nugini untuk mendapatkan e-KTP.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengatakan dengan adanya layanan e-KTP membuat masyarakat tidak perlu lagi ke Kota Jayapura untuk mengurus surat kependudukan.

“Perekaman R-KTP, akte kelahiran, dan kartu keluarga, tidak perlu ke Kota,” jelasnya.

Untuk melakukan perekaman e-KTP serta dokumen kependudukan lainnya, seperti akta lahir dan kartu keluarga tidak dipungut biaya alias gratis.

Namun, jika masyarakat menemukan ada oknum yang meminta uang dalam mengurusi dokumen tersebut, Benhur Tomi Mano menyampaikan segera laporkan langsung kepada dirinya.

“Ingat ini gratis, tidak diayar. Maka, kalau ada RT/RW, Lurah, Distrik, yang minta uang, lapor saya,” jelasnya.

Hal itu diutarakan sebagai wujud memberikan pelayanan kepada masyarakat. Olehnya itu, kata Benhur Tomi Mano, jangan ada upaya memeras masyarakat.

“Karena tujuan saya adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat, jangan peras masyarakat, Pak Camat itu, tidak ada pungut bayaran,” tegas Walikota. (Rafiq/Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 37 = 43