Ini pesan Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri saat pelantikan Wakapolda

Papuaunik, – Ini pesan Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri saat dalam upacara pelantikan wakapolda Papua Brigjen Pol Eko Rudi Sudarto di Aula Rastra Samara, Mapolda Papua, Kota Jayapura, Senin pagi.

Dalam upacara yang dihadiri oleh Irwasda Polda Papua Kombes Pol Alfred Papare, seluruh Pejabat Utama Polda Papua, dan Kapolres Jajaran Polda Papua, beserta Ketua Bhayangkari Daerah Papua, mantan Wakapolda Papua Barat dan Papua itu mengatakan pelantikan itu tetap berpedoman pada protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

“Seperti halnya upacara-upacara sebelumnya, saya menegaskan kembali bahwa serah terima jabatan maupun pelantikan pejabat sebagaimana yang baru saja kita saksikan bersama merupakan tuntutan kebutuhan organisasi dalam rangka menjaga dinamika dan kinerja sekaligus merupakan bagian dari pola pembinaan karier personel di lingkungan Polri yaitu dalam rangka penyegaran maupun promosi pejabat yang bersangkutan,” katanya.

Selain itu, kata dia, tujuan mutasi pada suatu jabatan diharapkan juga dapat mengakselerasikan pelaksanaan program kerja yang telah dirumuskan sehingga dapat berjalan efektif dan mengalami peningkatan kualitas Kesatuan baik dalam bidang pembinaan maupun operasional sehingga dapat menumbuhkan semangat pengabdian yang tinggi serta mengukir prestasi pada setiap penugasan yang semata-mata berorientasi kepada pelayanan terhadap masyarakat.

“Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini saya selaku pimpinan Polda Papua atas nama Kesatuan dan pribadi mengucapkan selamat kepada Brigjen Pol Dr Eko Rudi Sudarto, S.IK M.SI atas kepercayaan pimpinan Polri dan promosi untuk menduduki jabatan baru sebagai Wakapolda Papua dan selamat datang di Bumi Cendrawasih Polda Papua,” katanya.

“Saya mengharapkan agar Saudara segera beradaptasi di lingkungan kerja. Saya yakin dan percaya dengan bekal pengalaman dan latar belakang pendidikan yang telah saudara miliki saudara mampu meningkatkan kinerja di Polda Papua ini,” sambungnya.

Pada momentum itu, Irjen Pol Mathius menekankan untuk mendukung 16 Program Prioritas serta penekanan 100 hari kerja Kapolri dalam melayani masyarakat serta mewujudkan Polri yang Prediktif, Responsibilitas, Transparansi dan Berkeadilan (Presisi) dengan bertujuan menata kelembagaan perubahan sistem dan metode Organisasi menjadikan SDM Polri yang unggul di era politik.

“Saya mengharapkan agar seluruh jajaran Polda Papua dapat segera mengimplementasikan program yang dimaksud,” harapnya.

Sementara itu, terkait perkembangan situasi Kamtibmas maupun politik di Provinsi Papua saat ini yang semakin meningkat seiring dengan pasca Pemilukada yang dilaksanakan pada Desember 2020 lalu di 11 kabupaten di Provinsi Papua.

“Saya berharap kepada pejabat Wakapolda Papua yang baru kita fokus pada Kabupaten yang telah melaksanakan pilkada agar kita semua monitor dan selalu komunikasi kepada para Kapolres untuk meningkatkan terkait hal-hal yang menyangkut situasi Kamtibmas maupun politik,” pintanya.

“Saya sangat bersyukur karena pelaksanaan pilkada yang telah berlangsung dapat berjalan dengan aman dan lancar namun ada beberapa faktor yang berpotensi dapat mempengaruhi situasi Kamtibmas di wilayah Papua ke depan antara lain sidang penetapan hasil, keputusan sidang gugatan para pihak, menjelang pelantikan para pejabat Bupati dan Wakil Bupati dan isu-isu politik yang berkembang di media sosial,” paparnya.

Selain tantangan tugas diatas, Irjen Pol Mathius menegaskan bahwa Polda Papua juga masih dihadapkan pada pandemi COVID-19 yang jumlah kasusnya terus meningkat dan ditengarai terdapat virus varian baru. Oleh karena itu, terus dilakukan untuk kedisiplinan protokol kesehatan khususnya kegunaan masker dan Sosial Distortion kepada masyarakat serta mengantisipasi dan mengatasi segala bentuk permasalahan keamanan yang terjadi di wilayah hukum Polda Papua.

“Selain daripada itu kepada seluruh personil Polda Papua saya harapkan senantiasa memberikan dukungan kepada pejabat yang baru serta membangun kerjasama yang harmonis. Jadikanlah serah terima atau pelantikan pejabat ini sebagai momentum untuk memacu dan meningkatkan kembali semangat disiplin dan etos kerja dalam pelaksanaan tugas di Polda Papua. Mari kita songsong tugas kedepan dengan satu keyakinan dan optimisme serta sikap positif,” tegasnya.(Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

91 − 85 =