Cara TNI wujudkan anak Papua cerdas di tapal batas RI-PNG

Papuaunik, – Ini cara TNI mewujudkan anak-anak Papua menjadi cerdas, khususnya yang tinggal tapal batas negara RI-PNG.

Bersama Dankolakopsrem 172/Praja Wira Yakthi (PWY), Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413/BRM Kostrad dan Komunitas Honda PCX CLUB Indonesia (HPCI) Jayapura Chapter meresmikan Pondok Baca dan Taman Bermain Anak di Kampung Mosso, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Sabtu.

Kegiatan peresmian Pondok Baca dan Taman Bermain Anak yang berlangsung persis di depan Pos Mosso Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad tersebut dihadiri oleh Dankolakopsrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan, Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru, Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Wakapolresta Jayapura Kota, perwakilan Instansi pemerintahan, para tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama setempat.

Dansatgas Yonif Mekanis Raider 413/BRM Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto, S.H., M.Han berharap pembangunan Pondok Baca dan Taman Bermain Anak di Kampung Mosso, Distrik Muara Tami tersebut dapat bermanfaat guna mewujudkan cita-cita anak Papua sebagai penerus bangsa yang baik.

“Kami bersama Komunitas HPCI Jayapura Chapter bersinergi membangun Pondok Baca dan Taman Bermain Anak ini selama dua Bulan lamanya, dengan menggunakan swadaya sesuai kemampuan kami bersama. Besar harapan kami, dari pondok yang terbangun ini dapat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya anak-anak Kampung Mosso yang dapat menggapai citanya sebagai penerus bangsa yang baik.” tutur Anggun dalam sambutan dihadapan para tamu undangan.

“Selain itu juga pada momen ini, kami menampilkan ekspose kegiatan pelatihan oleh Satgas Yonif MR 413 Kostrad kepada masyarakat berupa pembuatan Gethuk Goreng oleh mama-mama dan Pot Bunga oleh pemuda, dengan harapan dapat meningkatkan usaha kecil menengah (UKM) masyarakat Perbatasan RI-PNG di Kampung Mosso ini,” tambah Anggun.

Pengguntingan pita peresmian Pondok Baca danTamannBermain oleh Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru

Ketua Komunitas HPCI Jayapura Chapter Saudara Septi Ahmad (27) menyampaikan apresiasi kepada Yonif Mekanis Raider 413/BRM Kostrad yang begitu peduli dan membantu anak-anak di perbatasan untuk maju seperti daerah lainnya.

“Kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Satgas Yonif MR 413/BRM Kostrad yang telah membantu mewujudkan impian kami dalam membangun Pondok Baca dan Taman Bermain Anak di Kampung Mosso yang tidak kami duga akan semegah dan seindah ini. Kami juga berharap pemerintah dapat membangun lebih baik dan lebih banyak Pondok baca untuk anak-anak Papua khususnya Kota Jayapura, sehingga akan terwujud minat baca dan dapat mencerdaskan anak Papua, karena buku adalah jendela dunia,” kata Septi Ahmad.

Sementara itu, Wakil Walikota Ir. H. Rustan Saru MM mengaku sangat bangga dan terkesan atas jiwa kemanusiaan yang ditunjukkan oleh komunitas motor dan prajurit TNI yang bersinergi membantu daerahnya.

“Saya sangat bangga dan menyampaikan rasa hormat kepada Satgas Yonif MR 413 Kostrad dan HPCI Jayapura Chapter atas kreativitasnya dalam pembuatan Pondok Baca dan Taman Bermain ini,” katanya.

Seperti diketahui bahwa anak jaman sekarang tak terkecuali di Kota Jayapura, sejak lahir hingga masa pertumbuhannya selalu dikelilingi oleh gadget atau handphone. Sehingga Pondok Baca ini sangat dirindukan kehadirannya khususnya di masa Pandemi COVID-19 ini agar dapat merubah perilaku buruk dari dampak gadget tersebut.

“Jadi, yang biasanya mereka pulang sekolah main handphone, kini dengan adanya Pondok Baca dan Taman Bermain ini diharapkan mereka dapat menambah wawasan dari yang mereka dapat di sekolah serta yang terpenting masa bermain mereka dengan rekan sebayanya tidak hilang,” kata Wakil Walikota.

Anak-anak di Kampung Moso berpose bersama usai peresmian Pondok Baca dan Taman Bermain

Sebelum menutup acara, Brigjen TNI Izak Pangemanan M.Han selaku Dankolakopsrem 172/PWY menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Satgas Yonif MR 413 Kostrad Bersama HPCI Jayapura Chapter.

“Saya sangat mengapresiasi atas dedikasi dan pengabdian Satgas Yonif MR 413 Kostrad yang selalu konsisten berbuat terbaik untuk masyarakat Perbatasan RI-PNG, juga kepada komunitas HPCI Jayapura Chapter yang sama-sama bertujuan untuk mewujudkan Anak Papua yang dapat diandalkan di masa mendatang,” katanya.

Selain itu, pemberian pelatihan pembuatan Pot dan Getuk Goreng yang diberikan oleh Satgas kepada masyarakat tentu akan sangat bermanfaat.

“Dan saya harap ini menjadi alternatif atau mata pencaharian baru bagi masyarakat Kampung Mosso. Nanti akan kita bantu kepada pihak pemerintah untuk mendukung UKM baru ini sehingga masyarakat memiliki modal awal untuk memulainya,” jelas Brigjen TNI Izak.

Kegiatan peresmian Pondok Baca dan Taman Bermain Anak di Kampung Mosso, Distrik Muara Tami, Kota ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Dansatgas Yonif MR 413 Kostrad dan Ketua HPCI Jayapura Chapter dan dilanjutkan dengan pemotongan pita secara simbolis oleh Wakil Walikota Jayapura Bapak Ir. H. Rustan Saru M.M. yang menandakan resminya Pondok Baca dan Taman Bermain Anak digunakan oleh masyarakat Kampung Mosso, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura. (Pensatgas 413/Ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 54 = 62